Festival Sungai Siak (FSS)

Walikota Pekanbaru Buka Festival Sungai Siak, Warga Sudah Tidak Sabar Ingin Menyaksikanya

 

PEKANBARU (suaralira.com) - Even Festival Sungai Siak (FSS) secara resmi akan dibuka oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Kamis (2/6/2016) besok sore ini. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari dan akan ditutup Sabtu (4/6/2016) malam.
 


Kegiatan yang dipusatkan di pinggiran Sungai Siak tepat dibawah Jembatan Siak III dan di halaman Rumah Singgah Tuan Kadi ini dipastikan akan dihadiri oleh ribuan warga Pekanbaru dan sekitarnya.
 


Acara pembukaan dijadwalkan akan dihadiri Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta seluruh kepala SKPD baik dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.
 


Pagi sebelum pembukaan dimulai, ribuan pegawai dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemko Pekanbaru akan melaksanaan senam bersama. Senam pagi setiap hari Kamis yang biasanya dilakukan di kantor SKPD masing-masing kali ini akan dialihkan seluruhnya ke lokasi acara FSS. Ribuan pegawai yang ada lingkungan Pemko Pekanbaru ini dipastikan akan membanjiri pinggiran Sungai Siak.
 


Tidak hanya itu, pagi ini juga disela acara senam bersama juga akan dilaksanakan lomba mewarnai family. Tidak tangung-tanggung, dalam perlombaan ini tidak kurang dari 500 peserta dipastikan akan ikut ambil bagian. Mereka adalah siswa TK dan PDTA yang ada di Pekanbaru.
 


Kemeriahan yang tidak kalah serunya akan terlihat diacara pembukaan. Ribuan pasang mata akan menyaksikan bagaimana serunya acara yang akan dibukan oleh Walikota Pekanbaru. Suara pukulan beduk yang dilakukan oleh Walikota Pekanbaru akan disambut oleh gemuruh suara drum yang membahana. Tiga drummer profesional yang salah satunya adalah mantan drummer grub band Gigi akan menggebuk drumer setali dengan pukulan beduk yang dilakukan Walikota Pekanbaru.
 


Kemeriahan acara pun akan semakin terasa, dengna lantunan lagi-lagu melayu. Salah satunya adalah lagu berjudul lancang kuning berlayar malam. Acara kemudian akan dilanjurkan dengan beragam tari-tarian persembahan.
 


Kemeriahan tidak hanya terlihat dibantaran pinggiran Sungai Siak, namun juga di sepanjang aliran sungai diak yang ada dilokasi acara. Mulai dari Jembatan Siak III hingga Jembatan Siak I (Leighton). Puluhan perahu dengan beragam hiasan yang atraktif juga dipastikan akan menghiasi aliran Sungai Siak.
 


Sejumlah warga Pekanbaru menyambut suka cita gelaran acara ini. Riki Aryanto (30) warga Jalan Garuda Sakti Panam salah satunya. Karyawan swasta di Pekanbaru ini mengaku sudah tidak sabar lagi untuk menyaksikan kemeriahan acara ini. Jarang sekali ada even seperti ini, saya sudah tidak sabar untuk menyaksikanya," katanya.
 


Riki mengaku akan hadir diacara pembukaan FSS untuk menikmati seluruh sajian yang ada di acara ini. Salah satu yang membuat dirinya adalah parade perahu di Sungai Siak. Katanya ada toko buku dan cafe apung. Saya penasaran mau mencobanya langsung,"sebutnya.
 


Hal senada diungkapkan Tuti Suliatiani (28). Pegawai perbankan di Pekanbaru mengaku sudah lama mengatahui akan adanya even ini. Melihat promosi yang dilakukan oleh pihak panitia dirinya pun menyambut antuasis acara ini.
 


Bisa dijadikan alternatif untuk melepas lelah. Apalagi acara ini kan banyak pameran dan expo kulinernya, jadi bisa ajak temen-temen ramai-ramai nongrong di sana,"katanya.
 


Meski sudah lama tinggal di Pekanbaru Tuti mengaku belum pernah menikmati indahnya sungai Siak. Dengan adanya acara ini, menjadi moment bagi dirinya untuk bisa mengenal dan menikmati Sungai Siak secara langsung.
 


"Dari dulu pengen lihat rumah singgaj belum kesampaian. Mau kesana juga malasa kalau nggak ada acara. Sekarang kan ada even jadi pas banget berkunjung kesana,"paparnya.
 


Sejumlah sekolah juga akan menampilkan kreasi seni dalam event ini, diantaranya adalah Sekolah Cendana dan Darma Yudha. Selain dari pihak sekolah, pemuda tempatan nanti juga akan menampilkan sejumlah penampilan dalam kegiatan ini.
 


Puluhan peserta parade perahu baik dari pihak pemerintah maupun swasta juga sudah menyewa perahu untuk dihias dan dikut sertakan dalam kegiatan ini.
Tidak kurang dari 68 UMKM yang ada dibawah naungan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru siap untuk mendukung kegiatan ini. Mereka sudah siap untuk menempati stan-stan yang sudah disiapkan oleh panitia.
 


Seluruh peserta UMKM tersebut nantinya akan memajang produk-produk unggulanya masing-masing. Mulai dari produk kuliner, kerajinan, handycraf, fashion dan beragam assesories. Pihaknya menyambut baik kegiatan ini, sebab dengan adanya event seperti ini seluruh penggiat dan pengusaha UMKM bisa mempromisikan dan menawarkan produk mereka masing-masing.
 


Peserta UMKM sudah menyiapkan beragam produk kuliner khas melayu dalam kegiatan ini. Seperti roti jala, canai, bubur lambok, kue nangki lepuk, bolu kemojo dan beragam kue kering. Tidak hanya ragam makanan, pihaknya juga akan menawarkan beragam produk yang bisa dijadikan buah tangan sepulang dari acara ini. Seperti kerajinan ukiran kayu, kerajinan dari mayang kelapa serta kaos bercirikan Pekanbaru.
 


Sejumlah warga asing yag bekerja di perusahaan besar di Riau juga akan ikut ambil bagian dalam acara ini. Warga asing ini nanti akan melakukan permainan tradisional. Yakni bermain enggrang, gasing dan tarik upih. Warga negara asing yang memainkan permainan traditional ini nanti akan didampingi oleh pemuda setempat dan bujang dara. Kemudian di foto dan dipromosikan untuk menarik wisatawan dari luar nageri.
 


Sementara untuk keamanan dan parkir kendaraan bagi pengunjung, panitia juga sudah meminta bantuan dari Polresta Pekanbaru, Basarnas, Pol Air, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.
 


Ketua Panitia Pelaksana FSS Dodi Sarjana yang juga Pemred Tribun Pekanbaru mengundang seluruh masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru untuk ramai-ramai menghadiri acara ini. Sebab dalam acara ini banyak sajian pemeran yang bisa dinikmati. Mulai dari stan kerajinan, oleh-oleh khas Pekanbaru, dan beragam makanan khas Pekanbaru.
 


Beragam hiburan juga disiapkan panitia untuk menemani pengunjung selama berada dilokasi acara. Sementara yang hobi berfoto-foto acara ini juga menjadi momen yang tepat untuk diabadikan. Dengan latar belakang jembatan Siak III yang melengkung indang setengah lingkaran ditambah lagi dengan adanya perahu-perahu hias yang ada di sungai, tentu akan menjadikan pemandangan yang indah.
 


"Mari sama-sama kita saksikan acara ini, dan mari kita sama-sama datang kelokasi acara untuk melihat indahnya Sungai Siak,"katanya.
 


Sementara Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mengaku akan menjadikan FSS sebagai even pariwisata tahunan Pemko Pekanbaru. Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh pegawai yang ada dilingkungan Pemko Pekanbaru untuk bisa hadir di acara ini.
 


Seluruh pegawai, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, dan seluruh SKPD saya minta untuk hadir semua di acara ini,"kata Firdaus.
 


Even ini digagas oleh Tribun Pekanbaru Forum GM Hotel Pekanbaru, Asosiasi Tata Boga serta Maskapai Garuda, Pelaku dan Penggiat Wisata, Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia serta Indonesia Exhibition Companies Association (Asperapi) DPD Riau. Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kota Pekanbaru serta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terlibat dalam kepanitiaan acara ini.