Meluapnya Sungai Indragiri, Membuat Rumah Warga Desa Satako Raya Terendam Banjir

INDRAGIRI HULU-RIAU, Suaralira.com - Ratusan rumah warga dan pasilitas umum (Pasum,red) di Desa Setako Raya Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau terendam banjir. Banjir menerjang desa itu sejak Selasa pagi, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak dua hari terakhir. Kondisi itu semakin parah sebab air dari sungai Indragiri meluap.

" Informasi yang dihimpun melalui media seluler ketinggian banjir di desa tersebut mencapai 50 centi meter. Akibat banjir tersebut banyak rumah warga yang terendam.

“ Benar, saat ini di Desa Setako Raya terendam banjir akibat hujan dan lebih parahnya lagi dengan meluapnya air sungai Indragiri," terang Kepala Desa Setako Raya, Asnan, melalui selulernya. Selasa (5/2/2019)

Dia menjelaskan, saat ini sekitar 190 rumah warga yang tergenang banjir, satu sekolah dasar (SD) dan dua Mussollah, Sejauh ini belum ada tim dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu yang datang untuk meninjau atau membantu warga.

“Kita hitung lebih kurang ada sekitar 50 rumah warga yang sudah terendam banjir, yang lainnya untuk sementara ini baru halamannya.

Banjir yang paling parah yang berada di Dusun 1 dan Dusun 2 di RT 01,02 dan 04, di titik lokasi itu ketinggian air lebih kurang 50 cm," jelasnya.

Dia mengaku, banjir di desanya kerap terjadi saat hujan lebat mengguyur desa itu. Dia pun berharap agar pemerintah segera mengatasi penyebab banjir agar warga tidak selalu merasa resah saat musim penghujan tiba.

“Sementara ini belum ada bantuan, kami berharap agar segera ada perhatian dari pemerintah,” harapnya.***(roni)