Polres Tebing Tinggi Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Tebingtinggi (Sumut), Suaralira.com --Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi memimpin pelaksanaan Giat Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2019 dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2019 di Lapangan Mako Brimob Den-B Jalan Ahmad Yani Kota Tebing Tinggi, Jumat (22/3).

Menkopolhukam RI Wiranto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, menyampaikan bahwa Pemilu serentak tahun 2019 merupakan tonggak sejarah baru bagi kita, karena kita akan melaksanakan 5 pemilihan secara langsung, dan ini akan menjadi warisan sejarah kemampuan Indonesia dalam melaksanakan pemilu secara serentak dengan aman dan damai.

Pelaksanaan pemilu serentak 2019 nanti diprediksi akan mendapatkan banyak ancaman, gangguan dan halangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu kepada para Stakeholder harus mampu mengambil tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku dalam menghadapi masalah tersebut. 

“Banyaknya berita hoax, isu sara dan politik identitas saat ini harus kita antisipasi, karena dapat menyebabkan demokrasi di Indonesia menjadi tidak sehat, ini banyak terjadi di media sosial maupun dalam kehidupan masyarakat secara langsung. Maka untuk itu hal-hal seperti ini harus kita tindak dengan tegas,” imbuhnya. 

Ditambahkan bahwa apel yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam pelaksanaan pemilu 2019, sebanyak 453.133 personil TNI dan Polri akan ditugaskan untuk mengamankan situasi di seluruh Indonesia dan didukung dengan alutsista yang mumpuni. 

Apel gelar pasukan Ops Mantap Brata Toba di Kota Tebing Tinggi diikuti oleh 21 pleton terdiri dari, 3 Peleton gabungan Polisi Militer dan Koramil 13 Tebing Tinggi, 1 Pleton Brimob Den B Polda Sumut, 1 Pleton Dalmas Sat Sabhara, 1 Pleton gabungan tim Sat Reskrim dan Sat Narkoba, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton gabungan personil Polsek sejajaran Polres Tebing Tinggi, 1 Pleton Sat Intelkam, 1 Pleton personil pengamanan Lapas, 1 Pleton Dishub, 2 Pleton personil Damkar dan Satpol PP, 1 Pleton Linmas, 1 Pleton Pramuka, 1 Pleton gabungan Al-Washliyah dan Muhammadiyah, 1 Pleton gabungan Depag dan Dai Kamtibmas, 1 Pleton Jasa Raharja, 1 Pleton Satpam, 1 Pleton KBP3 serta 1 Pleton Senkom Kota Tebing Tinggi. 

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala BNNK Tebing Tinggi Kompol Bambang Rubianto, Kalapas Kelas II B Tebing Tinggi Theo Andrianus Purba, Ketua FKUB Kota Tebing Tinggi Abu Hasyim Siregar, Ketua Al-Washliyah Kota Tebing Tinggi H Ghazali Saragih, Ketua Al-Ittihadiyah Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi serta Ketua KPU Kota Tebing Tinggi Abdul Khalik. 

Apel gelar pasukan Ops Mantap Brata Toba 2018 dengan tema "Melalui apel gelar pasukan operasi mantap brata toba 2019 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri yang kondusif"  ini turut dihadiri Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, Dandim 02/04 Deli Serdang Letkol Kav Syamsul Arifin, dan Kaden B Brimob Polda Sumut AKBP Arke F Ambat.(Gabe)