Herman Deru Ajak Petani memeriksa Mutu Kopi

OKU SELATAN (SUMSEL), suaralira.com - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia dan Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke dua Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.
 
Dalam kunkernya ini mantan Bupati OKU Timur dua periode ini dengan masyarakat desa Muaradua Kisam dan Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin.
 
Kehadiran Herman Deru dan rombongan yang antusias dengan warga lokal. Dalam arahannya, Gubernur, terima kasih pada masyarakat yang telah menerima rasa rindunya.
 
"Saya sengaja datang kesini benar-benar karena rasa rindu dalam hati. Ada ikatan batin yang tidak lepas. OKU ini dulunya satu. Karena hanya perlu untuk mengatur peredaran dimekarkan menjadi tiga Kabupaten. Sri Terimakasih atas kebersamaan ini. Semoga silaturahmi ini akan terus berkelanjutan," ucapnya sebagaimana dilansir kemendagri go.id.
 
Kedatangannya sebagai Gubernur Sumsel ke OKU Selatan kali ini lanjut Herman Deru tidak lain untuk mencari apa yang menjadi keinginan dan menjadi kebutuhan masyarakat. Baik bidang infrastruktur, pendidikan dan bidang kesehatan.
 
"Sumsel ini luas, aku perlu masukan. Masalah pendidikan dan kesehatan akan kita berikan. Bagaimana caranya agar masyarakat Sumsel tidak sakit. Ade carenye jangan buntu. Dukung aku meningkatkan keuangan masyarakat. Pelabuhan sudah diresmikan agar ekspor kita tidak melalui daerah lain. Tapi bisa langsung dari Provinsi Sumsel," tambahnya.
 
Dia menambahkan, OKU Selatan sebagai daerah yang menghasilkan komoditi kopi di Sumsel. Belum ada masalah saat ini. Anjloknya harga kopi lanjut Herman Deru karena kualitas kopi yang tidak dijaga.
 
"Salah satu penyebab harga kopi kita anjlok karena proses jemurnya dilakukan dijalan raya. Secara bertahap kita akan menemukan cara yang benar. Maka akan ada penghilangan biaya yang akan ditingkatkan dengan nama kopi sriwijaya," paparnya.
 
Dalam arahannya, Gubernur juga berharap agar program rumah tahfidz kembali digalakan dalam bingkai yang ditambahkan generasi yang Qur'ani.
 
"Aku tidak ingin lagi ada anak anak yang buta huruf Al Qur'an. Rumah Tahfidz kembali kita galakkan,"
 
Sebagai pemimpin di provinsi. Dirinya menyambut dengan sukses di Kabupaten OKU Selatan. Terlebih daerah ini dalam waktu dekat akan menjadi tuan rumah ajang balap sepeda bertajuk Internasional Grand Fondo.
 
Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo yang ikut hadir bersama Wakil Bupati Shoelehien Abuasir dalam sambutan singkatnya, atas nama masyarakat OKU Selatan terima kasih dan selamat datang di OKU Selatan.
 
"Mudah diundang menyambut Bapak Gubernur dan keluarga di OKU Selatan. Akan membawa kebaikan bagi daerah ini," tegasnya.
 
Tokoh masyarakat lokal Mulyadi dalam pertemuan menyambut terimakasih atas sambutannya di desa Kemu.
 
"Ini penghargaan untuk masyarakat Kemu atas undangan Gubernur Sumsel H Herman Deru. Tapi yang menjadi perhatian pak guru SMA Pulau Beringin gurunya terbatas. Tolong difikirkan," harapnya. 
 
Gubernur kunjungan 1.123 sertifikat tanah untuk warga lokal. (**)