Bersama Koramil dan Polsek Muara Satu, Mahasiswa KKN K286 Unimal Bagikan Masker Gratis di Pasar Batuphat

Lhokseumawe (NAD), Suaralira.com -- Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kali ini mahasiswa ikut turun ke lapangan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membagikan masker gratis kepada warga, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Kelompok 286 turun langsung membagikan masker gratis di pasar Batuphat bersama Koramil 01/Muara Satu Kodim 0103/Aceh Utara dan Polsek Muara Satu Kota Lhokseumawe dalam rangka sosialisasi pencegahan Covid-19 baru-baru ini.
 
Ketua KKN Kelompok 286, Abdul Malik, mengatakan kegiatan sosialisasi dan pembagian masker gratis di pasar Batuphat dilakukan bersama Koramil 01/Muara Satu, Kodim 0103/Aceh Utara dan Polsek Muara Satu Kota Lhokseumawe, hal ini disampaikan dalam rilis yang diterima media, Minggu (31/10/2020), bekerjasama dengan program-program kerja kelompok KKN 286 dari Universitas Malikussaleh dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Mursalin MPd.
 
“Kami senang sekali bisa melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, karena dengan adanya sosialisasi ini kami dapat memberikan Edukasi kepada masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menumbuhkan rasa kesadaran sebagai upaya gerakan masyarakat hidup sehat”, ujar Abdul Malik yang didampingi seluruh anggota kelompok, Imransyah, Alhafisal, Intan Alyawati, Fitri Handayani, Cut Zuhra, dan Suci Indah Sari. Semuanya adalah mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh.
 
Lanjut Malik, Ketua KKN Kelompok 286, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan mengingat masih banyak warga yang harus menghindari kerumunan massa dengan menjaga jarak dan hidup sehat ditengah ancaman penularan yang masih tinggi. Kegiatan sosialisasi itu dilakukan di Pasar Pajak Batuphat Kota Lhokseumawe.
 
“Selain itu kami juga melakukan pembagian masker secara gratis kepada pengunjung pasar yang tidak membawa masker guna untuk mencegah penularan covid-19,” terang Malik.
 
Terang Malik lagi, Indonesia saat ini lagi memasuki masa pemulihan di tengah-tengah pendemi corona virus disease 19, Kegiatan gabungan ini dibuat supaya untuk lebih cepat memasuki fase New Normal namun tetap menerapkan protokol kesehatan. 
 
Sosialisasi pencegahan covid-19 tersebut mendapat apresiasi dari Koramil 01/Muara Satu Kodim 0103/Aceh Utara dan Polsek Muara Satu Kota Lhokseumawe.
 
Kapten Infanteri Bahtera Luking Purba, “Saya harap adik-adik mahasiswa dapat bekerjasama dengan Kami dalam kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19. Adik-adik sekalian adalah calon generasi pemimpin masa depan,” ujar Kapten Infanteri Bahtera Luking Purba ketika menerima Kunjungan mahasiswa KKN Unimal di Pos Koramil 01/Muara Satu Kodim 0103/Aceh utara.
 
IPDA M Hadimas S Tr K, menambahkan, “Kami harap kerja sama ini dengan adik-adik mahasiswa KKN dapat menumbuhkan semangat hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan bersama masyarakat setempat,” ujar IPDA M Hadimas S Tr K ketika memberikan pengarahan di Polsek Muara Satu Kota Lhokseumawe.
 
Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Mursalin MPd sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Kelompok 286, ia menambahkan kegiatan ini akan memberikan dampak berarti bagi masyarakat sendiri, menumbuhkan kesadaran menggunakan masker di tengah pandemi Covid-19.
 
“Saya sebagai Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan dukungan dan tetap berjuang memberikan program-program berdampak langsung kepada masyarakat setempat dimanapun adek-adek melakukan KKN” terang Dosen Pembimbing KKN, Bapak Mursalin MPd  (Rilis/sl)