Ket Foto : Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT

Walikota Dorong Pengelola Angkutan Swasta Segera Angkut Sampah

PEKANBARU, Suaralira.com -- Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT mendorong pengelola angkutan swasta segera mengangkut sampah.
 
Firdaus tidak ingin ada sampah menumpuk di berbagai sudut kota. Ia menanti laporan dari DLHK Kota Pekanbaru terkait jadwal mulai beroperasinya angkutan sampah dari pihak swasta.
 
"Jadi harus secepatnya beroperasi, pemenang lelang bisa segera bersiap untuk mobilisasi sampah," tegasnya, Jumat (19/3).
 
Pengelola seharusnya tidak cuma menyiapkan armada. Mereka juga harus mempersiapkan personel yang cukup untuk mengangkut sampah ke TPA Muara Fajar.
 
"Jadi penanganan sampah harus optimal, jangan sampai gagal lagi pengelolaannya," ujarnya.
 
Walikota menegaskan bahwa kedua perusahaan itu harus berkomitmen. Mereka harus punya komitmen dengan poin di surat kontrak kerjasama.
 
Dirinya mengingatkan DLHK Kota Pekanbaru agar lebih cermat dalam mengawasi pengelola sampah oleh pihak ketiga. Mereka harus mengawasi proses pengangkutan sampah di dua zona yang dalam pengelolaan swasta.
 
Para pemenang lelang nantinya dalam pengelolaan di setiap zona harus kordinasi dengan RT, RW, lurah dan camat. Pengelola angkutan nantinya harus bersinergi dengan semua pihak di zona masing-masing. 
 
Mereka harus mencegah adanya tumpukan sampah yang tidak terangkut. Para pengelola angkutan sampah mesti bisa mengatur sampah domestik dari rumah, pasar dan dan badan usaha harus terangkut semua. (Kominfo/sl)