Gubernur Syamsuar Support Atlet SOIna Riau ke Rusia

PEKANBARU (RIAU), suaralira.com - Atlet putri Special Olympic Indonesia ataupun SOIna Provinsi Riau terus mematangkan persiapan didalam menghadapi Special Olympics World Winter Games, di Kota Kazan, Rusia ini tanggal 21 - 28 Januari 2022 mendatang. Hal ini, mendapatkan support Gubernur Riau Syamsuar.
 
Persiapanya tim penyandang disabilitas intelektual Riau, untuk cabang olahraga floorball, dipusatkan bertempat di GOR Tribuana, Pekanbaru ditinjau Gubernur Riau Syamsuar dan bersama Kadispora Bobby Rahmad, didampingi Ketua SOIna Riau, Hj. Novilia SE, Pembina SOIna Iwa Sirwani Bibra, dan Septina Primawati.
 
Kehadiran dari Gubernur Syamsuar hari Sabtu (19/6/2021) pagi, ini tidak hanya sekedar datang memberikan dukungan didalam kegiatan coaching clinics cabor floorball, tapi orang nomor satu ini juga ikut bermain bersama para atlet SOIna Riau. Beberapa kali, terlihat Syamsuar begitu antusias serta gembira bermain bersama anak-anak disabilitas ini.
 
Wajah dari mimik Syamsuar juga terlihat sumringah, ketika stik floorball-nya bisa memukul bola dengan sempurna, serta melesat ke arah gawang. Syamsuar pun begitu antusias serta gembira bersama anak-anak disabilitas ini. “Enak juga ya, olahraga ini. Bikin segar dan berkeringat jadinya," kata Syamsuar seusai bermain ini dengan wajah gembira.
 
Dikesempatan itu, Gubernur Syamsuar dalam sambutannya ketika meresmikan choacing clinics meminta pada seluruh atlet, pelatih dan ofisial SOIna Riau agar  persiapkan diri sebaik mungkin. Karena diketahui, iven yang akan diikuti di Rusia itu nanti membawa nama bangsa, serta negara. Tentunya, bisa untuk harumkan  Provinsi Riau.
 
“Tentunya maksimalkan persiapan dan kemampuan itu, melalui latihan-latihan. Sehingga nanti pada Olimpiade khusus di Rusia, tim floorball Riau berprestasi dan harumkan nama Negara Indonesia, tentunya juga Riau,” katanya. Dikatakan dia, karena saat ini berada dalam masa pandemi Covid-19, maka wajib protokol kesehatan yang ketat.
 
Sebelumnya pada paparan sambutanya, Ketua SOINa Riau Hj Novilla,SE ucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Ketua BKKKS Provinsi Riau, serta semua pihak  instansi terkait perhatian kepeduliannya kepada para atlet Intelektual disabilitas  Riau. Sehingga atlet SOIna Riau ini bisa dapat hidup sehat bugar, serta percaya diri dan menyesuaikan dalam kehidupan bermasyarakat.
 
Dijelaskannya, pelatihan floorball untuk atlet dan pelatih SOIna ini dilaksanakan selama enam hari, yakni itu mulai 14-19 Juni 2021. Diikuti sebanyak 20 peserta atlet serta 41 pelatih yang datang dari beberapa kabupaten/kota di Riau. “Tadi malam, kami telah adakan pembukaan coaching clinic dibuka oleh Kadispora Riau Boby Rahman di Hotel Pangeran dengan dua narasumber dari Pengurus Pusat SOIna Jakarta,” ujar Novilla.
 
Untuk diketahui, SOIna Riau mendapat kehormatan dari SOIna Pusat mewakili Indonesia ke pesta olahraga Olimpiade Musim Dingin yang lokasi Rusia Januari 2022 mendatang. Artinya ini atlet SOIna Riau memiliki prestasi dan juga reputasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional nantinya.
 
Didalam pekan olahraga nasional SOIna yang dikenal dengan nama PORNAS itu, kontingen Riau bahkan dua kali menjadi juara umum masing-masing pada tahun 2014 di Makassar dan tahun 2018 silam ketika Riau menjadi tuan rumah. Begitu pula hal Olimpiade Musim Panas di Abu Dabi, UAE pada tahun 2019 silam, ketika itu kontingen Indonesia berhasil meraih 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu. **(ADV/ Diskominfo Riau)