Gubernur Syamsuar Serahkan 284 Unit Alsintan, Petani Riau Merasa Terbantu Sarana Prasarana

PEKANBARU (RIAU), suaralira.com - Hal kepedulian pemerintah terus digulirkan pada masyarakat. Seperti hal dilakukan Gubernur Riau Syamsuar memberi atau menyeerahkan itu Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sebanyak 284 unit, ke petani tersebar di kabupaten/kota.
 
Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan Alsintan tersebut, dihelat Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau, Rabu (30/6/2021), yang bertempat UPT Pelatihan dan Penyuluhan. Ada bantuan itu, tentu sangat membantu para petani dalam hal sarana prasarana.
 
"Ini, peningkatan sarana dan prasarana pertanian. Dengan adanya Alsintan bisa optimalisasi lahan. Dan ini bagian upaya strategis bertani didalam meningkatkan indeks pertanaman melalui optimalisasi lahan dan penerapan mekanisasi. Serta, ini bisa bermanfaat," ujarnya.
 
Dikatakan dia, diharap Alsintan ini untuk dijaga serta semoga produksi pertanian di Provinsi Riau jadi semakin meningkat. Karena, melalui  peningkatan jumlah dari Alsintan, sehingga menjadi lebih efisien dalam menekan biaya produksi dan juga  tingkatkan nilai tukar usaha.
 
"Fasilitas yang diberikan ini, dijaga dan semoga produksi pertanian di Provinsi Riau jadi kian semakin meningkat," ujar Syamsuar.
 
Lebih lanjut diterangkan dia, pada Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Riau, sektor pertanian menjadi prioritas dan sangat penting.
 
Sementara hal sama, juga disampaikan Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Riau, Syahfalefi. Bahwa sebanyakn284 unit diserahkan tersebut terdiri dari Packing dan Grading, Power Threser Multiguna, Bangunan Sarana UPH Kedelai, jagung dan lainnya, Power Threser Multiguna Mobile, Dryer Ultra Violet.
 
Berikutnya Hand Traktor, Kendaraan Roda 3, Pekarangan Pangan Lestari, Alat Pasca Panen Hortikultura, Combine Harvester Sedang dan Kecil, Corn Sheller Mobile, Corn Sheller, Huster dan Polisher, Alat Sarana UPH TP Kedelai, Jagung dan lainnya. "Ini meningkatkan produksi, dengan ini semoga pertanian terus meningkat," harapnya.
 
Dikesempatan itu, Bejo salah satu dari Ketua Kelompok Tani Mentangor Jaya Pekanbaru, yang mendapatkan bantuan Power Threser Multiguna mengucapkan terimakasih atas bantuan diperolehnya. Ia pun mengaku terbantu dengan diberi bantuan alat pertanian tersebut. **(ADV/Kominfo Riau)