Sebanyak 60 Unit Ambulans Jemput Pasien Covid-19 Disiapkan Pemprov Riau

PEKANBARU (RIAU), suaralira.com - Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau siapkan 60 unit ambulans untuk jemput pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Itu, akan dipindahkan ke tempat isolasi yang telah disediakan oleh pemerintah.

Demikian disampaikan, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution, pada hari Kamis (15/07/2021) didamping Kapolda Riau Inspektur Jendral Pol Agung Setya Imam Effendi, saat pelepasan sebanyak 60 unit ambulans, yang bertempatkan di halaman Kantor Gubernur Riau, di Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Kesempatan itu, Wagubri menerangkan, ambulans ini akan disebarkan diseluruh wilayah Pekanbaru dengan tujuan untuk menjemput pasien Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah. Maka itu, akan dipindahkan ke tempat isolasi telah ada disediakan oleh pemerintah. Itu supaya penanganan praktis.

"Untuk diketahui, sesuai data saat ini di Kota Pekanbaru terdapat itu 455 pasien Covid-19 melakukanya isolasi mandiri di rumah. Maka kita, akan jemput saudara-saudara kita yang tengah melaksanakan isolasi mandiri. Nanti itu ditempatkan ke lokasi isolasi mandiri telah disiapkan itu pemerintah,” katanya.

Wagubri juga mengungkapkan, nantinya para petugas yang menjemputnya telah diinformasikan berapa jumlah pasien itu yang dijemput, dan alamat dari masing-masing pasien Covid-19 tersebut. Yang sehingga para petugas dapat langsung menjalankan tugas serta kewajibannya memberikan layanan.

Kesempatan itu Wagubri berharap pada seluruh pasien Covid-19, yang disaat ini menjalankan isolasi mandiri tiap rumah itu masing-masing. Maka mulai hari ini, sudah bisa diselesaikan. Dan dia, yakin dengan jumlah 60 unit ambulans dapat menyelesaikan hal penjemputan pasien dari Covid-19 tersebut.


Wagubri juga mengatakan, dengan ada aksi ini, penanganannya isolasi mandiri itu ditangani yang secara lebih baik lagi.  Sehingga tingkat penyembuhanya pada pasien Covid-19 di Provinsi Riau, khusus di Kota Pekanbaru jadi dapat meningkat sebagaimana diharapkan penuntasanya virus yang meresahkan.

Ditempat yang sama, disela pelepasan secara simbolis 60 unit ambulans. Juga disampaikannya Kapolda Riau Inspektur Jendral Pol Agung Setya Imam Effendi, mengatakan, Polda sudah mengerahkan 220 personel mengamankan, mengawal proses penjemputan pasien positif yang isolasi mandiri di rumah.

“Personil sebanyak 220 itukan termasuk dengan petugas pengawalan dan halnya membantu mengedukasi pasien yang di lokasi isolasi mandiri. Tetapi senantiasa diingatkan personil berbahagia dan juga semangat dalam bertugas. Karena, cara itu sebagai bekal. Ini dihari baik yakinlah Tuhan mencatat," ujarnya. **(ADV/Diskominfo Riau)