Luapan air di bantaran sungai Kecamatan Kota Kualasimpang, Senin (31/08/2021). 

Hujan di Aceh Tamiang, Mengakibatkan Sejumlah Desa Terendam Air

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Tamiang dua hari terakhir, telah menyebabkan sejumlah rumah di beberapa desa terendam air diantaranya, Kampung Kota Kualasimpang, Desa Pahlawan, Alur Cempa, Rantau Pakam dan Desa Rongoh, Senin (31/08/21). 
 
Di kecamatan Kota Kualasimpang, luapan air sungai tamiang tersebut merendam pemukiman sekitar bantaran  diantaranya, di lapangan bola kaki air mencapai 30 hingga 80 sentimeter. 
 
Menurut informasi yang diterima, air juga merendam beberapa rumah yang rendah da dekat dengan bantaran sungai seperti di dusun Alur Cempa, Desa Rantau Pakam dan Desa Rongoh Kecamatan Tamiang Hulu, ketinggian air diperkirakan mencapai 40  sentimeter. 
 
Danramil 01/KSP, Kapten Inf Iswan, menerangkan bahwa banjir yang terjadi karena intensitas hujan yang tinggi diwilayah Kabupaten Aceh Tamiang, sehingga meluapnya air sungai yang menyebabkan merendam sejumlah pemukiman, "terangnya, Rabu (01/09/2021). 
 
Danramil 01/KSP, Kapten Inf Iswan memastikan prajuritnya yaitu para Babinsa akan terus memonitor perkembangan situasi terkait debit air. 
 
"Kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait baik dengan perangkat desa, Kepolisian setempat, maupun Aparatur kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang", kata Kapten Inf Iswan. 
 
"Saat ini ada beberapa lokasi pengungsian telah disiapkan seperti di Gedung Nasional dan Gedung PKK", pungkasnya. (Tarmizi Puteh/sl)