Ket Foto : Kepala Sekolah SMP N 11 Pekanbaru, Hj Erna Daharni M Pd

SMP Negeri 11 Pekanbaru Terima Penghargaan Adiwiyata Provinsi Riau Tahun 2021

Pekanbaru, Suaralira.com -- Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah dimana menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan Sekolah. Ujar Kepala SMP Negeri 11 Kota Pekanbaru Hj Erna Daharni M Pd kepada awak media suaralira.com, Senin (11/10)
 
Dulu sesuai Lampiran Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor : 631 Tahun 2019 Tanggal 3 Desember 2019 SMPN 11 pernah juga menerima penghargaan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan tingkat Kota Pekanbaru Tahun 2019 sesuai Klasifikasi Adiwiyata Kota Pekanbaru yang ditanda tangani Walikota Pekanbaru Firdaus.
 
Sekarang proses dari mulai persiapan untuk melanjutkan ke tingkat Provinsi dan Alhamdulillah kita berhasil meraih predikat penghargaan berupa Sertifikat dari Gubernur Riau Syamsuar.
 
Yang telah diserahkannya dengan nilai 88,84 di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Qasim Kecamatan Minas Kabupaten Siak, Rabu (6/10/21)
 
Dalam penilaian ini persiapan paling utama yaitu administrasi yang perlu dibenahi dalam kriteria penilaian Sekolah Adiwiyata. Juga masalah tim,  setiap tim itu sudah ada kelompok pekerja (pokja). Pokja bekerja  mempersiapkan secara administrasi dokumentasi fisiknya dimana perlu di benahi.
 
Dalam Penilaian Adiwiyata ini juga bertepatan dengan masa covid 19  dimana penilaiannya di tahun 2021 masih dalam masa pandemi dan anak anak kita semuanya dirumahkan, tutur Erna. 
 
Erna juga setiap kali mengingatkan dan menyampaikan kepada guru keterampilan untuk bisa dalam prakarya anak - anak menggunakan barang - barang di sekitar mereka yang tadinya tidak lagi berguna menjadi lebih berguna. 
 
Kita juga selalu mengingatkan supaya mereka selalu peduli lingkungan yaitu menjaga Kebersihan, Keindahan, memelihara makhluk hidup berupa pemeliharaan ikan dikolam sekolah juga yang lain seperti tanaman itu sih yang mereka lakukan. 
 
Peran utama guru selalu mengingatkan bagaimana  harus peduli dengan lingkungan karena lingkungan ini yang akan mewariskan untuk generasi berikutnya. Kalau tidak dipelihara kasihan generasi yang akan datang. 
 
Keluarga besar SMP negeri 11 Pekanbaru marilah kita mencintai lingkungan dimana pun kita berada dengan cara merawat, memelihara, menjaga kebersihan dan keindahan keindahan lingkungan disekitar sekolah.
 
Juga kita bukan bermaksud mendapat penghargaan ini tapi sebenarnya pembiasaan bagaimana sebagai manusia kita harus menjaga lingkungan kita berada bukan hanya disekolah saja dimanapun berada juga di rumah, lingkungan masyarakat, tutupnya. (Jef/sl)