Ranperda PMB-RW Diperbaiki


Dibaca: 1304 kali 
Rabu,13 Januari 2016 - 10:59:50 WIB

PEKANBARU (suaralira.com) -  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menarik kembali draf usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW) yang sudah masuk Prolegda tahun 2016. Penarikan ini, Guna melakukan perbaikan dan penajaman landasan hukum.

Menurut Wako, awalnya pada usulan ranperda  PMB-RW, instansi yang bertanggungjawab penuh pada operasional adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Namun setelah di evaluasi fungsinya dikembalikan ke Camat, maka ranperda yang sudah terlanjur diubah.

Firdau menambahkan, karena ini juga sesuai dan sejalan dengan tugas Camat dalam undang-undang salah satunya pemberdayaan. Sehingga kegiatan ini dilimpahkan ke sana. "Sementara Bappeda hanya akan jadi pengawas dan monitoring.

"Sehingga siapapun nanti Walikota yang memimpin Pekanbaru, PMB-RW tetap jadi program yang berjalan berkelanjutan dan tidak dibatalkan," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Selasa (12/1).


Selain itu, lanjut Wako, yang diubah adalah struktur organisasi yang membangun PMB-RW. "Karena terlalu panjang, makanya dilakukan perampingan," tuturnya.

Perbaikan Ranperda PMB-RW ini, sebut Wako, atas masukan dan pertimbangan legislatif dan keinginan Pemko Pekanbaru juga. Sehingga benar-benar tercipta Ranperda yang kuat sebagai landasan pemberdayaan di masyarakat.

"Ini inovasi baru untuk memberdayakan masyarakat di tiga bidang ekonomi, lingkungan dan SDM," tutur Wako.

Namun demikian, Wako optimis bagian hukum Pemko Pekanbaru akan bekerja cepat untuk menyelesaikan perubahan ini. Sehingga bisa disahkan tahun 2016 ini juga. "Kami targetkan pengesahannya akan dilakukan tahun ini juga,"tandasnya.

Sementara terkait penggelontoran dana bantuan PMB-RW sendiri, tambah dia , sudah akan dimulai tahun 2016 bagi 58 kelurahan yang ada.  Masing-masing RW akan mendapatkan dana Rp50 juta untuk digunakan bagi pemberdayaan masyarakat lewat bimbingan sarjana pendamping.  (ADV)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :