Jadikan Kampar Kabupaten Termaju


Dibaca: 4119 kali 
Selasa,09 Februari 2016 - 09:09:54 WIB

KAMPAR (suaralira.com) - Memperingati HUT Kabupaten Kampar ke-66, Bupati Kampar Jefry Noer mengajak seluruh lapisan masyarakat menuntaskan program lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar. Bahkan Bupati Kampar mengajak para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar untuk berusaha menjadikan Kampar sebagai Kabupaten termaju di Provinsi Riau.

Dijelaskan Bupati Kampar, usaha yang dilakukan antara lain dengan meningkatkan kinerja aparatur pemerintah, meningkatkan serta menguatkan perekonomian masyarakat.

"Mari kita sukseskan program lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar dan menyukseskan program terbaru RTMPE karena program itu adalah program untuk rakyat, Kampar harus berbenah," kata Jefry Noer saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa peringatan hari jadi Kabupaten Kampar ke-66 di gedung DPRD Kabupaten.

Hadir dalam acara HUT Kampar, Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman bersama rombongan Kepala SKPD Pemprov Riau, Tokoh Riau, Drs Azaly Johan, SH, Anggota DPRD Riau, H Masnur SH, H Ujang Ilyah HU, Hj Eva Yuliana, SE, tamu dari Malaysia, Encik Hardi Hendim, Ninik Mamak sekabupaten Kampar, mantan Pejabat Bupati Kampar, Makahamid, seluruh Forkopimda, Kepala SKPD Pemdakab Kampar, anggota DPRD Kampar bersama istri, PKK Kabupaten Kampar dan tamu undangan lainnya, namun dalam rapat Istimewa HUT Kampar kali ini, tanpa dihadiri Wakil Bupati Kampar, Ibrahim Ali.

Pada HUT Kampar yang ke-66, mengangkat Tema 'Melalui RTMPE Kita Wujudkan Masyarakat Kabupaten Kampar yang Bahagia Dunia Akhirat". Tema ini, memiliki makna yang sangat strategis dan penting, karena mengandung semangat dan cita-cita luhur sebagai jati diri anak negeri. Di samping itu, tema ini sejalan dengan visi Kabupaten Kampar yaitu 'Terwujudnya Kabupaten Kampar Negeri yang Berbudaya, Berdaya dalam Lingkungan Masyarakat Agamis Tahun 2025', serta mendukung Visi Provinsi Riau yakni 'Terwujudnya Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu Dalam Lingkungan Masyarakat Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin di Kawasan Asia Tenggara Tahun 2020'.

 

Bahkan Jefry Noer menjelaskan satu persatu pilar pembangunan Kabupaten Kampar, peningkatan akhlak dan moral, ekonomi kerakyatan, sumber daya manusia, pelayanan kesehatan dan infrastruktur.

Pilar pertama, pemdakab Kampar sudah membuat perda maghrib mengaji, Gotong royong, shalat subuh berjamaah dan kegiatan lainnya,

Untuk meningkatan ekonomi masyarakat, salah satunya pemda sudah melatih 1890 kaum perempuan putus sekolah latihan menjahit,

Dalam meningkatan Sumber Daya Manusia, pemda membantu biaya sekolag gratis dan bantuan seragam sekolah gratis sebanyak 10 ribu bagi anak SLTP, 1500 untuk SMA dan 52 ribu siswa SD.

Pentingnya kesehatan masyarakat, maka pemerintah Kabupaten Kampar melaksanakan program Layanan Puskesmas 24 jam dan biaya berobat gratis.

 

"Alhamdulillah tahun lalu, pemprov dibawah koordinasi dan perjuangan anggota DPRD dapil Kampar, H Masnur Cs berhasil mendapatkan empat unit mobil ambulance untuk puskesmas di Kabupaten Kampar dari 21 kecamatan yang ada, masih banyak kurangnya pak Gubernur, " papar Jefry.

 

Pada pembangunan pilar kelima 'Peningkatan infrastruktur' Sekdakab Kampar bersama seluruh Kepala SKPD telah berhasil memboyong dana untuk pembangunan jalan Sumbar Riau sepanjang 320 meter, kemudian sudah banyak kemajuan pembangunan jalan seperti di Desa Teratak Buluh jalan sudah hotmix.

Diantara pilar yang dianggap bupati penting untuk diperhatikan yakni pilar kelima 'Peningkatan  Infrastruktur' yakni pada pembangunan water front city yang saat ini sedang berjalan.

"Saya mohon pembangunan water front city yang ada dipusat ibu kota Kabupaten Kampar yang saat ini sedang dibangun dilanjutkan, siapapun nanti pemimpin Kabupaten Kampar," pungkas Bupati.

Pada peringatakan HUT Kabupaten Kampar kali ini, pemerintah daerah menyelenggarakan berbagai lomba terkait lima pilar pembangunan, diantaranya, lomba azan, menyelenggarakan shalat jenazah, memandikan mayat, lomba pidato karya ilmiah oleh ibu-ibu PKK dan lomba PHBS dan Posyandu serta lomba lainnya yang diselenggarakan pada wilayah 21 kecamatan.

"Perayaan dan lomba itu harus dapat dilaksanakan di masing-masing wilayah kecamatan supaya seluruh masyarakat dapat merasakan kemeriahan hari jadi Kabupaten Kampar," tutup Jefry. (adv)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :