Cara Jitu Bikin Kulit Tetap Kencang dan Awet Muda!


Dibaca: 871 kali 
Jumat,26 Mei 2017 - 00:04:48 WIB
Cara Jitu Bikin Kulit Tetap Kencang dan Awet Muda! Wajah kencang dan awet muda (Foto: Clearskinminerals)
KOLAGEN menjadi protein pembangun yang penting bagi tubuh manusia. Zat satu ini berguna untuk menguatkan tulang, persendian, hingga regenerasi kulit dan rambut. 
Pada usia tertentu, terutama ketika tanda penuaan mulai muncul, maka produksi kolagen di dalam tubuh kian melambat, struktur sel pun mulai kehilangan kekuatan. Karena itu, penting untuk meningkatkan pembentukan kolagen dalam tubuh. 
 
"Untuk meningkatkan kolagen bermacam-macam caranya. Bisa dengan perawatan penggunaan kosmetik, tetapi tambahan asupan kolagen juga diperlukan, misalnya dari bahan alami karena lebih mudah diserap tubuh," papar dr Indrawati Wijaya, SpKK, yang ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, kemarin. 
 
Berkurangnya kolagen di dalam tubuh bisa berakibat kulit menjadi keriput, timbul garis-garis halus, hingga kulit tampak kusam serta mengendur. Penggunaan krim yang mengandung kolagen memang bisa saja dilakukan. 
 
Kendati demikian, Indrawati menyarankan asupan dari makanan juga menjadi cara efektif untuk menunjang produksi kolagen di usia yang mulai menua. 
"Konsumsi makanan yang rendah gula, karena kelebihan glukosa, bisa menyebabkan penurunan kolagen, glukosa itu mengikat protein," saran dr Indrawati. 
 
Ia juga menyarankan agar memperbanyak asupan makanan sumber kolagen yang bisa didapat dari jenis-jenis ikan. Pengolahannya pun harus tepat agar manfaat kolagen bisa didapat secara maksimal. 
 
"Ikan apa pun banyak kolagennya, di bagian sisik dan kulit, tetapi jangan lupakan dagingnya yang juga mengandung protein. Banyak orang yang menghindari konsumsi kulit karena ada lemaknya, padahal itu terdapat kolagen. Kolagen juga ada di bagian tulang," terang dokter yang melakukan praktek di sebuah klinik kecantikan di kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat ini. 
 
Jangan lupakan pula konsumsi buah-buahan. Meski tidak mengandung kolagen, buah dapat memberi sumbangan kandungan vitamin dan mineral yang membentuk struktur tubuh. 
Sementara, dari penggunaan krim kecantikan yang mengandung kolagen, Indrawati mengungkapkan jika struktur kolagen di dalamnya lebih banyak berguna sebagai pelembap agar kulit tidak kering. Namun, krim tersebut tetap bermanfaat untuk menjaga kolagen dalam kulit.
 
(okz/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :