5 Kesalahan Pelari Pemula Penyebab Cedera


Dibaca: 157 kali 
Senin,22 April 2019 - 08:56:25 WIB
5 Kesalahan Pelari Pemula Penyebab Cedera Ilustrasi lari
Suaralira.com -- Berlari merupakan salah satu cara terbaik menjaga tubuh. Tak perlu akses ke pusat kebugaran, peralatan mahal, atau orang lain untuk membantu olahraga. Lari hanya memerlukan sepasang sepatu dan kemauan untuk keluar dari pintu. Semudah itu. 
 
Meski terlihat mudah, beberapa kesalahan kerap dilakukan pelari pemula. Seperti dilansir dari CNN, beberapa kesalahan itu bisa menyebabkan cedera. 
 
1. Terlalu Banyak
Terlalu sering berlari dalam jarak waktu dekat adalah salah satu kesalahan pelari pemula. 
 
Memiliki hobi baru seperti berlari memang menyenangkan. Namun, pelari pemula perlu memperhatikan jarak, waktu, serta intensitas olahraga yang dilakukan. 
 
Meningkatkan ritme olahraga secara perlahan dapat mengurangi risiko cedera.
 
2. Tak Istirahat
Seorang pemula kerap berpikir jika mereka harus berlari setiap hari agar tetap sehat atau berat badan berkurang. Kenyataannya, pelari pemula belum memiliki otot serta tulang yang terbiasa dengan olahraga berintensitas tinggi.
 
Penting untuk memberikan tubuh waktu istirahat di sela-sela latihan.
 
3. Tidak Menggunakan Peralatan 
Lari memang tidak memerlukan perlengkapan yang mahal. Namun, penting untuk menggunakan perlengkapan tepat seperti sepatu lari yang tepat.
 
Pastikan ketahui banyak informasi dengan meminta saran sebelum membeli sepatu lari. Wanita juga disarankan untuk mengenakan bra olahraga.
 
4. Mengabaikan Rasa Sakit
Berlari bisa terasa kurang nyaman bagi pelari pemula. Namun, jika rasa sakit mulai muncul, akan lebih baik jika Anda berhenti dan mengobatinya terlebih dahulu. 
 
5. Membandingkan dengan Orang Lain
Rasanya sulit untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pelari pemula akan selalu bersemangat saat membaca ulasan-ulasan banyak orang tentang pengalaman larinya. Pelan-pelan, pelari pemula akan merasa payah.
 
Namun, hal yang perlu diingat adalah bahwa semua pelari profesional pernah jadi pelari pemula. Jadi, kemampuan lari seorang pemula tak bisa disamakan dengan mereka para profesional.(chr/asr)
 
editor : suaralira.com

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :