Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Berbuah, Dipanen setelah Lebaran


Dibaca: 1193 kali 
Senin,13 Mei 2019 - 13:26:02 WIB
Pohon Kurma di Masjid Al Barkah Berbuah, Dipanen setelah Lebaran

KOTA BEKASI (JABAR), suaralira.com - Belasan pohon kurma berdiri kokoh di halaman Masjid Agung Al Barkah, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Awalnya, Ada 12 pohon kurma yang ditanam dan tumbuh besar. Dari 12 pohon, hanya 3 pohon yang dapat berbuah.

Namun kini, hanya tersisa 6 pohon kurma dan 1 pohon di antaranya rutin berbuah tiap tahun. Demikian diucapkan oleh Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Al Barkah, Wahyu Alamsyah.

Kata Wahyu, 1 pohon kurma di Masjid Al Barkah selalu berbuah menjelang bulan Ramadan. Saat pohon mulai berbuah, buah akan berwarna hijau hingga kekuning-kuningan. Kurma baru bisa dipanen setelah Ramadan atau sehabis hari raya Idulfitri.

 

“Biasanya setelah Lebaran panennya dan lebih enak dimakan. Kalau sekarang belum matang, masih hijau dia,” ucapnya beberapa waktu lalu.

 

Satu pohon kurma bisa menghasilkan ribuan buah kurma. Nantinya, kurma akan dibagi-bagikan kepada para jemaah di sekitar masjid.

 

“Satu pohon bisa dua atau tiga ember bak besar, karena dia kayak buah pinang. Panennya bertahap kalau yang sudah agak besar kita panen agak kuning kehijau-hijauan. Kalau masih hijau belum kita panen,” tutupnya. (pjk/bks/sl)

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :