Beberapa Warga Desa Tani Makmur Meminta BPD Usut Dana UED SP


Dibaca: 118 kali 
Rabu,12 Juni 2019 - 17:41:19 WIB
Beberapa Warga Desa Tani Makmur Meminta BPD Usut Dana UED SP
INDRAGIRI HULU (RIAU), suaralira.com - Masyarakat Desa Tani Makmur Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk mengusut kemana Dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP/ red) di kelolah oleh pengurus yang di ketuai Sukijan.
 
Dana UED SP sebesar Rp 500 juta diketahui merupakan dana bantuan Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2013. Dimana diduga hingga kini tidak jelas kemana peruntukan keuangnya." jelas sa;ah seorang warga setempat Jumaidi kepada wartawan.
 
Hal senada juga dikatakan warga lainnya Samin, dan Duwan warga Desa Tani Makmur bahwa dana desa sebesar 500 juta yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi diduga disalah gunakan pengurus. Pasalnya masyarakat beserta BPD sudah pernah melakukan rapat dengan pengurus UED SP yang diketuai Sukijan di Gedung SD 023 dan pengurus meminta jangka waktu 6 bulan dimana sejak Bulan November 2018 hingga April 2019 kemarin atas laporan peruntukannya.
 
"Namun hingga kini mereka belum juga memberi bukti tanggung jawab serta laporan kepada masyarakat Desa Tani Makmur khususnya kepada pengurus Bumdes yang telah di bentuk oleh Desa," kata warga desa Junaidi, Samin dan Duwan tersebut,
 
Ketua BPD, Herman saat di konfirmasi melalui selularnya mengatakan, bahwa memang benar Sukijan belum memberikan laporan kepada BPD. Namun beliau meminta waktu karena cuti dalam menjalankan bulan puasa dan lebaran, paparnya,
 
Selain itu, Menejer BUMDES, Pak Ui saat dikonfirmasi belum juga mendapatkan data laporan dari pengurus UED tentang siapa nama-nama masyarakat yang meminjam dana UED SP. Pada hal waktu dan tempo yang mereka minta sudah lewat satu bulan, ungkapnya.
 

Sementara Ketua UED SP Sukijan belum dapat di konfirmasi, dan jika dalam bulan Juni 2019 ini pihak pengurus UED SP belum  juga memberikan kejelasan ke masyarakat maka hal ini akan di laporkan ke aparat terkait untuk landasan tindaklanjut atas laporan yang belum kunjung diketahui oleh warga tersebut. (kusjul/ sl) 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA TERKINI
BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :