Kepala Daerah Sergai Kunjungi Halal Bihalal di Perbaungan dan Pantai Cermin


Dibaca: 41 kali 
Selasa,18 Juni 2019 - 13:40:45 WIB
Kepala Daerah Sergai Kunjungi Halal Bihalal di Perbaungan dan Pantai Cermin

SERGAI (SUMUT), suaralira.com - Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman didampingi Wakil Bupati H Darma Wijaya mengunjungi Kantor Camat Perbaungan dan Pantai Cermin sekaligus bersilaturrahmi dan Halal bi Halal bersama masyarakat, Senin (17/06).

Turut juga hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Staf Ahli, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kadis Kominfo Drs H Akmal MSi, Ketua MUI Sergai H Lukman Yahya, anggota DPRD, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan S.STP, Camat Pantai Cermin Drs H Benny Saragih MM, Muspika, pimpinan Perusahaan, Kepala Puskesmas, Korwil Bidang Pendidikan, penyuluh pertanian dan kesehatan, Lurah, Kepala Desa dan Perangkat Desa, TP PKK Kecamatan dan Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas/OKP, serta ratusan masyarakat.

Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya dalam sambutannya mengajak masyarakat bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah didapatkan.

“HBH ini akan semakin mendekatkan kita semua dan mempersatukan kita karena kita semua Bersaudara. Selanjutnya kami mengajak kita semua waspada sebab betapapun kita bersyukur, namun akan tetap ada orang yang tidak suka dengan apa yang kita dapatkan,” ujarnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa masih ada orang yang berniat jahat dengan orang lain, oleh karena itu masyarakat diminta harus waspada baik itu akan penyalahgunaan narkoba, kecelakaan lalulintas serta hal lainnya yang meresahkan masyarakat.

“Melalui momen ini dihimbau mari kita bersama-sama menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta memerangi permasalahan sampah yang semakin mengkhawatirkan dengan gerakan yang kita beri nama “Gema Losari” atau Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah di lingkungan Sendiri. 

Saya memuji atas partisipasi dan dukungan Perusahaan seperti PT. Indah Pontjan dan PT. Adolina guna pelestarian sungai dan penanggulangan masalah sampah di Kabupaten Sergai,” ujarnya.

Kepada jamaah calon haji yang ditepung tawari Bupati berharap didoakan agar seluruh calon jamaah haji asal Sergai senantiasa sehat dan dimudahkan Allah SWT dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya.

“Perlu juga disikapi dengan arif dan bijaksana terkait Pilkades dan Pilkada yang akan datang, dihimbau agar jangan dipilih calon yang terlalu mau, juga calon yang tidak mau. Mohon doanya agar Bupati dan Wabup dapat selamat dan sukses membawa bahtera pembangunan Kabupaten Sergai sampai akhir masa jabatan kami nanti, terhindar dari jerat hukum sebab segalanya telah dilakukan berdasarkan peraturan dan hukum yang berlaku.

Kompak saja Bupati dan Wabup belum tentu dapat mensejahterakan masyarakat, apalagi tidak kompak. Maka mari kita tetap bahu membahu membangun kabupaten Sergai sebab kita adalah bersaudara,” ujarnya.

Kepada jamaah calon haji yang akan berangkat nanti, Bupati menghimbau untuk menjaga kesehatan dan mengikuti pemandu haji yang telah ditentukan, saling menjaga dan menolong, semoga semua jamaah menjadi tamu Allah yang baik, sehat perginya dan sehat pulangnya serta menjadi haji yang mabrur.

Sementara Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan SSTP bersama Muspika dalam sambutannya menyampaikan HBH ini merupakan sarana silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat yang dapat berjumpa langsung serta menyampaikan saran dan masukan terkait pembangunan dan kemasyarakatan kepada pemerintah.

“Dapat disampaikan bahwa dalam waktu dekat guna menyikapi himbauan Bupati untuk menjaga kelestarian sungai dan penanggulangan permasalahan sampah.

Maka akan ada pekerjaan di sungai Baungan yaitu perbaikan aliran sungai yang merupakan partisipasi dari PT Indah Pontjan dan PT Adolina guna kelestarian sungai dan kedepannya akan diterapkan penertiban kebersihan dan pembangunan tempat sampah terpadu agar masyarakat dapat lebih tertib dalam menanggulangi permasalahan sampah.

Semua butuh kerjasama kita semua guna kelangsungan hidup masyarakat sekitar sungai, sebab jika air sungai terjaga maka kelestarian hidup dapat terjaga,” ujarnya.

Sedangkan Camat Pantai Cermin Drs H Benny Saragih MM mengajak momen HBH dapat digunakan sebagai sarana meminta maaf dan memberi maaf, silaturahmi dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Sebab silaturahmi ini bernilai ibadah dan besar manfaatnya bagi kita semua. Tentu saja kegiatan yang menjadi momen bertemunya Pemerintah Daerah dengan masyarakatnya ini menjadi bentuk hadir dan pedulinya negara ditengah-tengah masyarakat guna semakin memperkuat persatuan dan kesatuan diantara kita,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Tokoh Masyarakat Kecamatan Perbaungan H Darwis Rambe mengucap syuku kepada Allah SWT karena dapat berkumpul pada acara HBH yang dirangkai dengan tepung tawar jamaah calon haji asal kecamatan Perbaungan. Serta menyampaikan ucapan terima dan mohon maaf lahir batin atas nama masyarakat Kecamatan Perbaungan kepada Bupati, Wabup beserta jajaran.

“Kepada jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini, kami sampaikan doa serta memohon doa agar senantiasa selamat dan kami juga dapat menyusul melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Tokoh Masyarakat Kecamatan Pantai Cermin H Syarif Santoso yang memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih dan kebanggaan kepada Pemerintah Daerah khususnya Bupati, Wabup serta Camat Pantai Cermin yang menginisiasi kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Dengan HBH ini diharapkan akan terhapus rasa tidak enak antara satu dengan yang lain pasca Pemilu yang baru saja berlalu. Sehingga persaudaraan dan perdamaian senantiasa terjalin kuat ditengah-tengah masyarakat Indonesia dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Guna menambah berkah silaturahmi Halal Bi Halal Kecamatan, Ustadz H Hotsah Saragih menyampaikan tausiyah bertema 'Jika Allah sudah Sayang kepada Seorang Hamba, Maka Hamba Tersebut Dijadikan-Nya Menjadi Orang yang Beriman dan Menjadi Manusia yang Sangat Beruntung'.

Banyak orang yang tidak taat dan beriman, namun terlihat bergelimang harta, itu adalah tanda-tanda orang celaka yang tengah diuji Allah dengan hartanya.

Kemudian ustadz Sutrisno Handoyo melengkapi dengan tausiyah bertema beberapa kebahagiaan Idul Fitri di bulan Syawal yang kita rasakan dan patut kita syukuri ini antara lain kita dapat merasakan indahnya berpuasa dan beribadah di bulan suci tersebut.

Kemudian kita dapat melaksanakan Halal Bi Halal yang hanya dapat dilaksanakan pada bulan Syawal seperti pada hari ini.

Acara diisi dengan tepung tawar jemaah Calon Haji Kabupaten Sergai termasuk Bupati Sergai Ir H Soekirman sebagai PPIH serta penyerahan santunan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa oleh Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya. (ds/sl)

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :