Banyak Sampah Kondom Bekas di Gorong-gorong Mega Kuningan


Dibaca: 39 kali 
Jumat,19 Juli 2019 - 14:12:13 WIB
Banyak Sampah Kondom Bekas di Gorong-gorong Mega Kuningan Ilustrasi kondom.
Jakarta, Suaralira.com -- Petugas Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah DKI Jakarta (PD PAL Jaya) menemukan limbah tak biasa yakni kondom-kondom bekas di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan kemarin.
 
Saat dikonfirmasi, Direktur PD PAL Jaya Subekti membenarkan soal penemuan alat-alat kontrasepsi bekas oleh anak buahnya di kawasan perkantoran tersebut. Limbah itu, kata dia, ditemukan saat pihaknya tengah membersihkan gorong-gorong dan saluran air.
 
"Banyak sekali sampah plastik termasuk salah satunya masalah kondom itu," kata Subekti saat dihubungi Jumat (19/7).
 
Subekti tak merinci jumlah alat kontrasepsi yang ditemukan tersebut. Ia hanya mengatakan limbah itu ditemukan bersamaan dengan sampah plastik lainnya. Selain barang itu, petugas lapangan juga menemukan limbah pembalut wanita dan pakaian dalam.
 
"Celana dalam banyak sekali, softex [pembalut] dan botol-botol juga banyak," kata Subekti.
 
Sebab banyaknya limbah tersebut, Subekti pun mengatakan petugas sempat kesusahan melakukan pembersihan air limbah. Apalagi, sambungnya, ada banyak kabel juga yang ditemukan di gorong-gorong tersebut.
 
"Ini sejak tanggal 2 [Juli 2019] bor mata kita putus 7 kali. Bayangkan ambil di luar saja susah, ini masuk gorong-gorong bagaimana di dalamnya," ujar Subekti.
 
Sejauh ini, kata Subekti, pihaknya menduga sampah-sampah itu berasal dari pembuangan dari kantor maupun pemukiman sekitar lokasi Mega Kuningan.
 
Oleh karena itu, Subekti mengimbau agar masyarakat yang bermukim dan bekerja di kawasan Mega Kuningan dan sekitarnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Ia meminta masyarakat tidak membuang sampah di lubang toilet, melainkan di tempat sampah.
 
"Kemarin tenant-tenant gedung tinggi kita kumpulkan. Jangan sampai buang sampah [di toilet] di flush, karena susah tersaringnya," ujar Subekti.
 
Sumber : cnnindonesia

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :