Pendiri LIRA Soroti Karhutla di Riau


Dibaca: 700 kali 
Senin,19 Agustus 2019 - 21:37:43 WIB
Pendiri LIRA Soroti Karhutla di Riau Fhoto : Pendiri LIRA Provinsi Riau Munahar, S.Sos
PEKANBARU (RIAU), suaralira.com - Bangsa yang merdeka bagian dari rasa bahagia bagi seluruh warga Indonesia, maka dari itu dalam semangat Dirgahayu RI ke 74, kita berharap seluruh warga Indonesia mendapatkan hak yang sama, khususnya dalam menghirup udara segar di wilayah Indonesia, ujar salah seorang pendiri atau penggagas Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Riau Munahar S. Sos kepada wartawan suaralira.com di Pekanbaru Senin, (19/08/19).
 
Dikatakannya, hingga saat ini warga Riau masih berlangganan polusi udara akibat kebakaran hutan dan lahan. Dampaknya, penyakit ISPA menyerang puluhan bahkan ratusan warga di Riau, khususnya warga Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Siak dan lainnya.
 
 
Kita berharap dalam semangat Kemerdekaan ini, Indonesia punya solusi soal pencemaran udara akibat Karhutla tersebut. Kerja baku aparat penegak hukum Polri, TNI bahkan pihak pemerintah daerah sudah menjadi acungan jempol. 
 
Namun kinerja aparat terkait bersama BNPB tersebut tentunya mempunyai resiko secara personal juga dalam pelaksanaan tugas negara. Maka kita berharap, ada pola lain dalam pembersihan lahan jika ada indikasinya kepada perihal itu, pungkas Aktivis LIRA Riau.
 
Dikatakannya, pada Pemerintahan Jokowi-Ma'aruf Amin ini kita harap mengedepankan para peneliti lingkungan khususnya soal pengelolaan hutan dan lahan. Sehingga dapat menjadi rekomendasi kebijakan pemerintahan mendatang.
 
Selain itu juga, upaya tindakan tegas dan barangkali menaikkan status bagi korporasi dan pelaku pembakaran hutan dan lahan menjadi status teroris. Hal ini dikatakan, dampak pencemaran udara yang mengakibatkan terganggu kesehatan ini juga berdampak kepada kematian seperti pengalaman tahun-tahun lalu, pungkas Munahar, S.Sos. (fa/sl)

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :