Data Statistik Sektoral, Diskominfo Gelar FGD


Dibaca: 1107 kali 
Rabu,21 Agustus 2019 - 18:38:53 WIB
Data Statistik Sektoral, Diskominfo Gelar FGD
TAKENGON (NAD), suaralira.com - Data statistik sektoral merupakan basic data yang sangat penting dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, moitoring dan evalusai pembangunan. Rabu (21/08/19).
 
Oleh karenanya akurasi dan validasi data statistik sektoral sangat dibutuhkan, agar sasaran program pembangunan di semua sektor bias tepat sasaran.
 
Dalam menyusun data statistik yang akurat dan valid, diperlukan sinergi semua stake holder terkait dan pembentukan tim penyusunan data statistik yang kompeten.
 
Sehingga data statistik sektoral yang dihasilkan bisa seragam dan dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan rencana pembangunan maupun sebagai bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan.
 
Dinas Komunikasi dan Informatika, sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penyedia informasi, juga memiliki tanggung jawab untuk menyediakan data statistik sektoral. 
 
Dengan adanya data base statistik sektoral yang terdokumentasikan dengan baik, akan memudahkan para pihak yang membutuhkan data tersebut melalui layanan informasi publik pada Dinas Kominfo. 
 
Bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Tengah, pada tahun 2019 ini, Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah mentargetkan 3 produk statistik sektoral berupa : Statistik Sektoral Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2019, Analisis Data Kemiskinan dan Profil Daya di Kabupaten Aceh Tengah. 
 
Produk statistik sektoral tersebut, nantinya akan didokumentasikan secara digital dan ditautkan dalam link website Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, sehingga mudah diakses oleh publik maupun pihak-pihak yang memerlukannya.
 
Untuk menyeragamkan atau menyamakan persepsi dalam penyusunan data statistik sektoral tersebut, selama 3 hari ini, mulai dari tanggal 20 sampai 22 Agustus 2019, Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah menyelenggarakan Focus Discussion Forum (FGD) Diseminasi Pengisian Form Metadata.
 
Form Metadata merupakan formulir data base statistik dari masing-masing sektor yang nantinya akan diolah dan disusun menjadi data statistik sektoral kabupaten. 
 
FGD ini melibatkan seluruh Tim Penyusunan Data Statistik Sektoral sebanyak 56 orang yang merupakan perwakilan dari semua sektor dan SKPK terkait.
 
Selain untuk menyamakan persepsi, FGD ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada aparatur dalam pengumpulan, penyusunan, analisis dan penyajian data, sehingga data yang dihasilkan benar-benar valid dan akurat.
 
Ketika membuka FGD ini, Kepala Dinas Kominfo Kabpaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, ST, MM meminta agar semua peserta fokus dan serius menyimak materi yang disampaikan oleh nara sumber.
 
“Pengisian metadata ini merupakan point penting yang akan menentukan kualitas data statistik sektoral yang akan dihasilkan, untuk itu meski dengan berbagai keteratasan, kami berharap semua peserta dapat fokus menyimak materi yang akan disampaikan oleh nara sumber, jangan sampai ada kesalahan sedikitpun dalam pengisian metadata” ungkap Yoes.
 
Lebih lanjut Yoes menyampaikan bahwa Tim Penyusunan Statistik Sektoral memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat untuk mampu menghasilkan data statistic sektoral yang valid, akurat, up to date dan dapat dipertanggung jawabkan.
 
“Data statistic sektoral bukan pekerjaan main-main, data yang dihasilkan oleh tim harus dapat dipertanggung jawabkan, karena akan dipublikasikan dan dapat diakses oleh public, oleh karenanya kami berharap dokumen satatistik yang dihasilkan oleh tim benar-benar valid, akurat dan up to date” pungkasnya. (dk/at/sl)      

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :