Diduga kepala Desa Drasetajak Gelapkan Dana Desa Ratusan Juta Rupiah


Dibaca: 152 kali 
Rabu,18 September 2019 - 07:33:30 WIB
Diduga kepala Desa Drasetajak Gelapkan Dana Desa Ratusan Juta Rupiah Keterangan foto: kepala Desa Drasetajak kecamatan Kampar kiri hulu, kabupaten Kampar
Kampar (Riau), Suaralira.com -- Pemerintahan saat ini sedang gencarnya mengagung agungkan program Dana Desa sebagai Program Unggulan yang dapat meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa.
 
Terlebih Program tersebut dapat mengurangi kemiskinan yang signifikan dengan tujuan pembangunan infrastruktur yang merata. 
 
Dimana Hampir diseluruh Desa se Indonesia berkembang Pesat dengan Bantuan Dana Desa dari Pemerintah Pusat.
 
Bagi kepala Desa yang dapat memanfaatkan dana bantuan pemerintah itu Sesuai dengan kegunaannya, masyarakat sudah menikmati dengan baik.
 
Akan tetapi berbeda dengan kepala Desa Desa Drasetajak (Syahrial), kecamatan Kampar kiri hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau.
 
Menurut Informasi masyarakat melalui wartawan kami Suaralira.com menjelaskan bahwa," ada dana yang di anggarkan untuk membangun semenisasi tahun 2017 dengan ukuran panjang 200 meter, lebar 2.5 meter, dan tinggi 15 cm,  pembangunannya tidak terlaksana, dana itu habis di gunakan untuk keperluan pribadi kepala Desa", jelas narasumber.
 
Selanjutnya anggaran Dana Desa di tahun 2018, di buat program untuk pengadaan Kambing sebanyak 86 ekor untuk di bagi bagikan kepada Warga masyarakat Desa Drasetajak, tujuannya untuk pemerataan perekonomian masyarakat. 
 
Tetapi program pengadaan kambing itu hanya di beli Kepala Desa (Syahrial) sebanyak 26 ekor. Jadi uang sisa pembelian kambing yang 60 ekor lagi di gunakan untuk keperluan pribadi kepala Desa, terang Narasumber.
 
Tidak sampai disitu saja, Narasumber menyampaikan bahwa," Anggaran Dana Desa di tahun 2019, kepala Desa menggunakan dana tersebut sebahagian untuk membeli kambing 60 ekor sebagai ganti yang kurang di tahun 2018", ucapnya.
 
Kemudian Awak Media mengkonfirmasi kepala Desa Desa Drasetajak terkait dengan Informasi yang di sampaikan masyakarat Melalui WhatsApp, Kades menjawab bahwa Informasi yang bapak dapat dari narasumber tersebut sangat salah besar, ujar kades.
 
Namun Ketika Awak Media meminta  informasi yang sebenarnya kepada kepala Desa, atas bantahan yang kades sampaikan kepada Awak Media, kepala Desa tidak bisa memberikan penjelasan seperti apa, sehingga kami menduga bahwa kepala Desa telah menyalahgunakan anggaran tersebut untuk keperluan pribadinya sendiri.
 
Dalam hal ini kami meminta kepada pihak penegak hukum untuk melakukan penyelidikan, Atas penggunaan anggaran Dana Desa Drasetajak, untuk tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019. 
 
Karena dana bantuan pemerintah tersebut bertujuan untuk mensejahterakan perkonomian masyarakat desa Drasetajak, dana itu bukan dana milik pribadi kepala Desa Drasetajak itu sendiri. (Daulat.H/SL)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :