Perpustakaan Punya Peranan Penting Dalam mewujudkan sumberdaya Manusia Unggul 


Dibaca: 223 kali 
Rabu,27 November 2019 - 22:06:26 WIB
Perpustakaan Punya Peranan Penting Dalam mewujudkan sumberdaya Manusia Unggul  Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST saat membuka Hari Kunjungan Perpustakaan di Gedung Pustaka Dan Kearsipan Jalan I. Juanda Karang Baru, Aceh Tamiang, Rabu (27/11)
ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Wakil Bupati Tengku Insyafuddin mengatakan, dalam konteks upaya mencerdaskan generasi melalui budaya literasi dan bahan bacaan. 
 
"Perpustakaan mempunyai peranan penting dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia unggul, berkualitas mandiri dan mampu bersaing.
 
“Seperti kita ketahui bersama, budaya membaca masyarakat terutama di kalangan generasi muda perlahan-lahan mulai memudar. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan bagi kita semua untuk membuat terobosan dan inovasi terbaik untuk menumbuhkan minat dan budaya baca ", kata, Tengku Insyafuddin, saat membuka kegiatan Hari Kunjungan Perpustakaan, di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan, Jalan Ir. Juanda Karang Baru, Rabu (27/11).
 
Bagian Perpustakaan dan Kearsipan seharusnya dapat membuat inovasi dengan membuat tampilan perpustakaan semakin menarik dengan merubah warna gedung dengan warna-warna yang cerah, lengkapi fasilitas seperti ruang baca, ruang pertemuan, ujarnya.
 
Dengan membuat metode-metode yang memudahkan pengunjung untuk memilih buku dan mengetahui buku apa saja yang banyak digemari, maka besar kemungkinan akan dapat meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat, terutama siswa dan siswi,” tambahnya lagi.
 
Wabup mengharapkan kedepan, peran dan fungsi perpustakaan dapat dioptimasi, mengingat perannya cukup besar dalam mendorong peningkatan kecerdasan masyarakat, tutup Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin.
 
Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Perpustakaan dan Kearsipan, Laila Hidayati dalam laporannya menyampaikan, kegiatan hari Kunjungan Perpustakaan merupakan suatu kegiatan untuk mewujudkan masyarakat Aceh Tamiang agar gemar membaca. 
 
"Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 27 s/d 28 November 2019 ", ujarnya.
 
Selain itu, kata Laila Hidayat, untuk memeriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan ini, pihaknya menggelar sejumlah lomba untuk bisa diikuti para pelajar, mulai setingkat SD, SMP dan SLTA. 
 
Adapun yang diperlombakan diantaranya puisi diikuti  32 peserta tingat SD, llomba pidato Bahasa Inggris diikuti 15 peserta tingkat SMP sederajat, lomba debat diikuti 18 peserta tingkat SMA sederajat. 
 
Dan lomba komedi tunggal (stand up comedy) yang diikuti oleh 15 peserta tingkat SLTA sederajat, ujar Kabag Perpustakaan dan Kearsipan, Laila Hidayati. 
 
Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut  diantaranya mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, mewakili Kepala MPD Kabupaten Aceh Tamiang, Dewan Juri, Guru Pendamping dari masing-masing sekolah serta siswa-siswi para peserta lomba. ( tarm / SL) 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :