Pemkab Sergai Gelar Festival Kebudayaan Melayu


Dibaca: 103 kali 
Minggu,01 Desember 2019 - 19:10:14 WIB
Pemkab Sergai Gelar Festival Kebudayaan Melayu
Sergai (Sumut), Suaralira.com -- Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) selenggarakan festival pinangan, hantaran dan nasi hadap-hadapan adat Melayu, di Objek Wisata Sri Mersing Kecamatan Pantai Cermin, Ahad (1/12/2019).
 
Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ir Kaharuddin selaku Asisten II mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat terkenal dengan anekaragam adat budaya ini membuat kita bersatu. Dan pada hari ini Dinas Poraparbud menampilkan adat Melayu.
 
“Keanekaragaman budaya merupakan potensi yang dapat membentuk karakter, citra dan identitas budaya,” katanya.
 
“Pada kegiatan pinangan, hantaran dan nasi hadap-hadapan merupakan kegiatan adat Melayu di setiap upacara perkawinan. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai cerminan keberagaman adat-istiadat di Sergai, sehingga diharapkan festival ini juga membawa kebahagiaan kita semua di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” tutup Soekirman yang dibacakan oleh Kaharuddin.
 
Sementara Kadis Poraparbud Sergai Sudarno S Sos menyebutkan, bahwa pada festival ini diikuti oleh peserta yang berjumlah sekitar 60 orang dari 5 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Sei Bamban dan Sri Rampah.
 
Beliau juga mengatakan, digelarnya acara seperti ini untuk menggali tradisi adat suku Melayu dan menumbuhkembangkan potensi wisata berbasis budaya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.
 
Sementara pemenang lomba pada festival tersebut antara lain untuk kategori nasi hadap-hadapan juara pertama diraih Kecamatan Sialang Buah, juara kedua Kecamatan Sei Bamban dan juara ketiga APPSI Perbaungan.
 
Untuk kategori pinangan dan hantaran, juara pertama PKBM Sergai, juara kedua Kecamatan Sei Rampah, dan juara ketiga Kecamatan Perbaungan.(Darman S/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :