Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Sergai Tahun 2019


Dibaca: 780 kali 
Rabu,18 Desember 2019 - 15:40:17 WIB
Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Sergai Tahun 2019
Sergai (Sumut), Suaralira.com -- Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya Buka Rapat Kordinasi Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Sergai Rabu, 18 Desember 2019 Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.
 
Turut menghadiri Kepala OPD, Tenaga Ahli Pendamping Desa Muliadi Siagian, Para Kader Gizi yang menangani Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM), Para pendamping PKH, Para Kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Desa Kampung KB se-Sergai dan tamu undangan lainnya.
 
Sambutan Bupati Sergai H Darma Wijaya, Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) penurunan kemiskinan terkait dengan Pemkab Sergai, mampu menekan angka kemiskinan menjadi 7,90%, dari target awal 8,4%, kini Pemkab Sergai menambah fokus untuk mengentaskan stunting.
 
Seperti kita ketahui bersama, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah usia 5 tahun (balita). Stunting mengganggu pertumbuhan fisik dan otak anak. Secara fisik anak stunting memiliki tinggi badan di bawah standar pertumbuhan anak normal seusianya.
 
Salah satu target yang tertuang dalam 21 raihan RPJMD Kabupaten Sergai tahun 2016-2021 adalah menurunnya persentase stunting dari 28% menjadi 27,20% pada tahun 2021. Walaupun sampai tahun 2020, Sergai belum menjadi daerah lokus stunting, lanjut Wabup, namun angka 28% itu terbilang cukup tinggi. Kalau diumpamakan jika ada 10 anak maka hampir 3 orang dari mereka itu mengidap stunting.
 
Untuk mengatasi stunting, Saran Wabup terutama kepada para petugas Program Keluarga Harapan (PKH). “Untuk para petugas PKH, jika para petugas telah mendapatkan laporan dari desa, diharapkan petugas dapat turun ke lapangan untuk memastikan kebenaran dari data yang diperoleh. Kita yang harus mengawasi penyaluran bantuan kepada masyarakat.
 
Diakhir sambutannya, untuk menangani stunting, Wabup mengajak semua Petugas Bidan Desa untuk selalu mengecek dan mendata jumlah ibu hamil yang ada di zona tugas masing-masing. Dengan tersedianya data dan jumlah ibu hamil tentu akan mempermudah dalam mengetahui asupan gizi yang diberikan, kapan seorang ibu tersebut akan melahirkan serta pertolongan apa yang harus dilakukan.
 
Laporan Kepala BAPPEDA Sergai Ir Hj Prihatinah M Si  Pelaksanaan kegiatan menyampaikan jika latar belakang diadakannya kegiatan ini salah satunya merupakan respons dari semangat Presiden RI Joko Widodo yang getol membangun SDM sehingga perlu mempersiapkan generasi yang bebas stunting.
 
Kami dari BAPPEDA telah melakukan berbagai hal mulai dari pemuktahiran basis data terpadu, penanganan fakir miskin, program penanggulangan kemiskinan dan beberapa program fundamental lainnya semaksimal mungkin. (Darman S/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :