Wakil Bupati Aceh Tamiang Tanam Perdana Cabe Jamu Di Kampung Benteng Anyer


Dibaca: 449 kali 
Rabu,08 Januari 2020 - 12:31:30 WIB
Wakil Bupati Aceh Tamiang Tanam Perdana Cabe Jamu Di Kampung Benteng Anyer Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, saat melakukan penanaman perdana Budidaya Cabe Jamu, di Kampung Benteng Anyer Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Selasa (07/01/2020)
ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, melakukan penanaman perdana di Budidaya Cabe Jamu di Kampung Benteng Anyer Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Selasa (07/01/2020) kemarin.
 
Penanaman perdana tersebut dilakukan Wabup Tengku Insyafuddin untuk memberi motivasi pada masyarakat petani dalam rangka meningkatkan produktivitas di kegiatan pemberdayaan budidaya cabe jamu. 
 
Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin ST, dalam arahannya mengatakan, Pemkab mendukung sepenuhnya program-program pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam hal budidaya cabe jamu, sesuai program Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang saat ini  sedang giat mengembangkan hortikultura, termasuk tanaman khas Cabe Jamu, paparnya. 
 
Dihadapan ratusan warga yang hadir dan juga mengapresiasi program pemberdayaan berbasis budidaya komoditas hortikultura, Wabup meminta agar Datok Penghulu beserta perangkat untuk memaksimalkan Alokasi Dana Desa dalam pemberdayaan, guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 
Pada kesempatan yang sama, Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi dan Datok Edy Syahputra, dalam kesimpulan laporannya menyampaikan, bahwa pembudidayaan cabe jamu di Benteng Anyer, lebih diutamakan dalam bentuk pemberdayaan kepada masyarakat.
 
“Saat ini di Kampung Benteng Anyer, setiap rumah warga telah di berikan lima pohon Cabe Jamu untuk dibudidayakan, sementara anggaran diambil dari dana BUMK”, ujar Camat.
 
Usaha budidaya cabe jamur di Kampung Benteng Anyer secara penuh didampingi oleh praktisi tanaman bernama latin Piper retrofractum Vahl tersebut. 
 
Yoesdinoer yang biasa disapa Buyung itu mengatakan, meski memiliki nilai ekonomi yang tinggi, namun di Aceh sendiri, tanaman menjalar ini termasuk jarang ditemui.  
 
Sejauh pengalamannya, Buyung mengatakan, Aceh Tamiang, merupakan daerah yang pertama kali melakukan pengembangan Cabe Jamu, yakni di Kampung Benteng Anyer Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang.
 
Pemasarannya telah berkembang ke mancanegara seperti India, Malaysia, jazirah Arab dan Korea. Dijelaskannya, pohon ini dapat di manfaatkan guna meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Hadir dalam tanam perdana diantaranya, Danramil Manyak Payed, Kapten Inf P Harahap, Wakapolsek Manyak Payed Ipda Darwin A, Kepala BPP Iskandar Mirza, beserta sejumlah PPL, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para petani serta warga setempat. ( tarm / SL/ Humas) 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :