Pemkab Sergai Dan Kejari Tandatangani Kesepakatan Bersama Bidang Hukum


Dibaca: 929 kali 
Jumat,14 Februari 2020 - 22:02:52 WIB
Pemkab Sergai Dan Kejari Tandatangani Kesepakatan Bersama Bidang Hukum
Sergai (Sumut), Suaralira.com -- Bupati Sergai Ir H Soekiman Hadiri PenandatangananKesepakatan Bersama Bidang Hukum Jumat, 14 Februari 2020 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.
 
Turut hadir Dalam Acara Wabup H Darma Wijaya Kepala Kejaksaan Negeri Paian Tumanggor SH, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP. Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Camat serta para Kepala Desa se-Kabupaten Sergai.
 
Kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai terkait dengan pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya dalam bidang perdata dan Tata Usaha Negara di Kabupaten Sergai.
 
Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya Tujuan kerja sama ini adalah untuk membangun kesepahaman antara Pemkab Sergai dengan Kejari Sergai agar secara bersama-sama menangani perkara dan tata usaha negara yang dihadapi Pemkab.
 
Kerja sama ini juga merupakan payung hukum bagi seluruh penyelenggara pemerintahan di Sergai untuk berkonsultasi dengan Kejaksaan apabila menemui permasalahan dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
 
Berharap di masa mendatang tidak terjadi hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang diakibatkan oleh berlarut-larutnya konflik hukum antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan pembangunan daerah. 
 
"Apabila setiap permasalahan hukum ditangani dengan baik maka dampaknya tidak hanya positif bagi masyarakat, akan tetapi juga potensial meningkatkan kewibawaan dan suksesnya pembangunan di Pemkab Sergai sebagai pelayan publik yang profesional.
 
Sambutan Wabup H Darma Wijaya Berharap agar implementasi Kesepakatan Bersama ini berhasil dengan optimal dan tidak bersifat kontra-produktif, maka diperlukan komitmen yang kuat dan kerjasama lintas sektor yang sinergis dari kedua belah pihak.
 
Diharapkan kerjasama yang harmonis selama ini tetap dapat terjaga dan berlanjut untuk masa-masa yang akan datang.
 
Pemkab Sergai Serahkan Hibah Kepada KejariBerbarengan dengan pendatanganan Kesepakatan Bersama Bantuan Hukum, Pemkab Sergai juga memberikan hibah kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai dalam bentuk peralatan dan perlengkapan kantor beserta aksesorisnya berupa :
 
Berupa running text sebanyak 1 unit, Perlengkapan audio visual 20 unit, Peralatan infokus 6 unit, Layar proyektor, Laptop 1 unit dan komputer sebanyak 3 unit.
 
Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman Pemberian hibah ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergitas nyata antara Pemkab dengan Kejari Sergai. “Lewat bantuan ini Pemkab ingin bekerjasama dalam proses pembangunan dan dukungan terhadap peningkatan kinerja Kejari karena bagaimana pun masyarakat Sergai tentu mendambakan lembaga Kejaksaan yang profesional baik secara SDM dan sarana-prasarana. Kedepannya semoga kerja sama baik ini tetap dapat terjalin.
 
Sambutan Kepala Kejari Sergai Paian Tumanggor SH, Mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap hibah peralatan dan perlengkapan yang diberikan oleh Pemkab Sergai. “Kami mengapresiasi pemberian ini dan semoga antara Kejari dan Pemkab terjalin kerjasama yang makin erat. Peralatan dan perlengkapan yang diberikan akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten yang kita cintai ini.”
 
Bupati Launching Buku “Sergai Kampung Kit Kegiatan kerjasama antar Pemkab Sergai dan Kejari yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati  juga dirangkaikan dengan launching Buku “Serdang Bedagai Kampung Kami” yang ditulis sendiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman.
 
Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman Menyampaikan bahwa buku ini ia tulis dengan dasar inspirasi kehidupan masyarakat desa yang mempunyai sejarah panjang. “Desa merupakan satuan organisasi yang paling bawah, tumbuh dari bawah dan menjadi soko guru atau penyangga utama struktur negara ini. 
 
Desa mempunyai komunitas dengan beragam kegiatan, sistem sosial, politik, ekonomi, seni dan budaya yang dijalankan oleh masyarakat yang mendiaminya berdasarkan tradisi dan nilai. Desa merupakan media yang mewariskan kebudayaan luhur yang berlangsung secara turun menurun.
 
Karyanya ini disusun berdasarkan data monografi desa yang ada di seluruh Kabupaten Sergai dengan menggunakan pendekatan historis, sosiologis dan filosofis. Soekirman berharap deskripsi serta informasi tentang desa menjadi lebih sistematis, integral dan komprehensif dalam buku ini.
 
Kehadiran buku Serdang Bedagai Kampung Kami, kata Bupati lagi, dapat digunakan sebagai referensi yang bermutu dan berguna bagi para eksekutif, legislatif, yudikatif dan aktifis LSM, peneliti, akademisi, cendikiawan, seniman maupun budayawan yang peduli tentang seluk beluk kehidupan rakyat desa.
 
Sambutan Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP, disaksikan oleh Bupati Soekirman dan Wakil Bupati H Darma Wijaya SE, menyerahkan Berita Acara Serah Terima inventaris Kabupaten berupa ruas jalan kepada seluruh desa se-Kabupaten Sergai. Ruas jalan ini nantinya akan diserahkan pengelolaannya kepada desa.
 
Sambutan Sekdakab Dengan penyerahaan ini kami berharap kedepannya masyarakat dapat merawat dan mengelola jalan sebaik-baiknya untuk kebaikan desa. (Darman S/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :