Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Sergai- PT Aqua Farm Nusantara Rapid Test 2.200 Karyawan


Dibaca: 72 kali 
Jumat,31 Juli 2020 - 12:25:39 WIB
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Sergai- PT Aqua Farm Nusantara Rapid Test 2.200 Karyawan
Sergai (Sumut), SuaraLira.com -- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menghadiri kegiatan rapid test terhadap 2.200 karyawan PT Aqua Farm Nusantara yang dilaksanakan di lokasi perusahaan di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (30/07/2020).
 
Bupati Soekirman membuka sambutannya dengan menyampaikan apresiasi terhadap PT Aqua Farm Nusantara yang secara mandiri menyediakan alat rapid test serta Dinas Kesehatan yang bertindak sebagai pelaksana.
 
“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada pihak PT Aqua Farm Nusantara yang telah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sejalan dengan Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang adaptasi kebiasaan baru, maka perusahaan maupun perkantoran diwajibkan menerapkan poin-poin pada Kepmenkes tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.
 
Meskipun demikan, ia menyebut penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai semakin mengkhawatirkan dengan semakin bertambahnya orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, beberapa di antaranya adalah karyawan perusahaan ini.
 
“Untuk itu saya berharap agar kiranya kita bisa lebih memperketat lagi penerapan protokol kesehatan Covid-19 dimulai dari diri kita sendiri dengan menerapkan “3M” yaitu memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak dimulai dari diri kita sendiri. Hindari keramaian serta kontak fisik dengan orang lain, dan jika merasa kurang sehat hendaknya segera berobat dan istirahat agar imunitas tubuh terjaga,” tutupnya.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit M Kes, menginformasikan latar belakang pelaksanaan rapid test untuk karyawan PT Aqua Farm Nusantara ini karena berdasarkan hasil rapid test dan ditindaklanjuti swab test  terdapat 4 (empat) orang karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.
 
“Saat ini 2 orang tengah isolasi mandiri serta 2 orang lagi masih dirawat di RS G L Tobing Tanjung Morawa. Rapid test ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak muncul klaster baru penyebaran virus Covid-19 di perkantoran maupun perusahaan,” jelasnya.
 
dr Bulan melanjutkan, adapun pelaksaan ini juga merespons tentang masukan dari Tim Pansus II Covid 19 DPRD Sumut, yang sangat perduli dengan kondisi Pandemi Covid 19 di Kabupaten Sergai.
 
Country Manager Human Resource Departement (HRD) PT Aqua Farm Nusantara, David Tampubolon, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati Sergai beserta jajaran yang telah hadir dalam rangka supervisi pelaksanaan Rapid Test bagi Karyawan PT Aqua Farm Nusantara.
 
“Sebagai informasi dalam pelaksanaan rapid test ini, pihak perusahaan menyediakan alat rapid test, sementara Dinas Kesehatan membantu personil tenaga kesehatan dalam pelaksanaannya. Perlu disampaikan bahwa selama masa pandemi Covid-19, pihak perusahaan terus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan karyawaan mencuci tangan, memakai masker serta menjaga sosial distance di lokasi tempat karyawan bertugas. Kemudian setiap pengunjung yang akan memasuki lokasi perusahaan diwajibkan mengisi data formulir bebas dari Covid-19,” katanya.
 
David berharap dari pelaksanaan rapid test ini dapat menjadi masukan dan tindak lanjut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di area perusahaan tempat karyawan bekerja.
 
Ikut hadir dalam kegiatan ini Kadis Nakerkopum Drs Nasrul Aziz Siregar, Camat Pantai Cermin Aminuddin S Sos, HRD, unsur Dinas Kesehatan, serta para karyawan. (Darman S/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :