Kampanyekan Protokol Kesehatan Covid-19, Polres Bersinergi bersama Pemkab Meranti


Dibaca: 786 kali 
Kamis,10 September 2020 - 16:00:47 WIB
Kampanyekan Protokol Kesehatan Covid-19, Polres Bersinergi bersama Pemkab Meranti
Meranti, Suaralira.com -- Saat ini penyebaran dan penularan Virus Covid-19 di Indonesiaa sudah memasuki gelombang kedua, terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah kasus Positif Covid-19 yang terjadi hampir diseluruh wilayah, tak terkecuali di Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk itu perlu dilakukan antisipasi dengan cara menumbuhkan kesadaran masyarakat, agar secara konsisten dapat mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.
 
Seperti yang dilakukan oleh Polres Kepulauan Meranti, bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam kegiatan Penandatangan Fakta Integritas Patuh pada Perundang-undangan dan Protokol Kesehatan Covid-19, yang dipusatkan di Taman Cik Puan, Selatpanjang, Kamis (10/9/2020).
 
Kegiatan juga diikuti oleh Wakil Bupati Meranti H Said Hasyim, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Jack Ardiansyah, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr H Kamsol MM, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto, Danramil Lakatang, Kadis Kesehatan Meranti Dr Misri Hasanto.
 
Dan juga Kabag Ortal Sekda Meranti Widodo, Kabag Kominfo Wan Fachriarmi, Camat Tening Tinggi Rayan Pribadi, Direktur RSUD Meranti Dr Ria Sari, serta Perwakilan Parpol Pengusung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Meranti 2020, perwakilan Babinsa TNI/Polri dan lainnya.
 
Dalam kegiatan itu semua pihak kompak berkomitmen untuk mendukung kebijakan Pemerintah, dan akan mentaati protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti, yang ditandai dengan pengucapan deklarasi oleh perwakilan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Fakta Integritas.
 
Dan terakhir, kegiatan bagi-bagi masker dan Face Shield kepada perwakilan Parpol, Babin Kamtibmas Pori/TNI, serta pengendara kendaraan bermotor yang kebetulan melintas didepan Taman Cik Puan Selatpanjang.
 
Sekedar informasi, Polres Kepulauan Meranti sengaja melibatkan Perwakilan Parpol dan Tim Sukses Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam Pilkada serentak tahun 2020. 
 
Hal ini dinilai penting, karena jika kampanye yang menghadirkan banyak orang, tanpa mematuhi Protokol Kesehatan akan memicu munculnya cluster baru, untuk itu perwakilan Parpol diharapkan dapat berpartisipasi aktif menghimbau masanya untuk secara konsisten mematuhi Protokol Covid-19.
 
"Agar ketika pesta demokrasi berlangsung, tidak terjadi cluster baru penyebaran Covid-19 yang akan berdampak pada kesehatan, aktifitas dan perekonomian masyarakat di Kepulauan Meranti, untuk itu kita ingin para pasangan calon dapat menjadi pioner untuk mengajak para pendukung mencegahan penyebaran Covid-19, karena ini adalah ancaman nyata dan benar-benar terjadi," jelas Kapolres AKBP Eko Wimpiyanto.
 
Seperti diketahui dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi peningkatan kasus posotif Covid-19 yang signifkan di Kepualauan Meranti, dari data Dinas Kesehatan sejauh ini jumlah kasus Positif Covid-19 sudah mencapai 27 orang, dimana 10 diantaranya masih di Isolasi/dirawat, dan 17 lainnya sudah dinyatakan sembuh.
 
"Mari bersama kita patuhi Protokol Kesehatan Kesehatan secara konsisten dengan cara menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi jumlah orang," ajak Kapolres.
 
Menyikapi kegiatan tersebut, disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr H Kamsol MM, yang mengucapkan apresiasi kepada pihak Polres Kepulauan Meranti, dalam hal ini AKBP Eko Wimpiyanto yang telah mendukung Pemerintah Kabupaten dalam upaya rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti.
 
Karena seperti diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 di Kepulauan Meranti yang terus meningkat, belum diiringi dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, terbukti masih banyak warga yang tidak memakai masker, dan menjaga jarak, hal itu semakin diperburuk dengan budaya bersalaman dan berpelukan yang sulit untuk dihindari.
 
Lebih jauh dijelaskan Sekda saat ini, Pemerintah Kabupaten terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran kasus Covid-19, dengan cara menghimbau masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan, yang dimulai dengan jajaran Pemerintah Daerah dan Sekolah-sekolah yang ada di Kepulauan Meranti. 
 
Bukan saja himbauan, disini Pemkab Meranti juga melakukan pembagian masker dan Face Shield kepada masyarakat, khususnya dipusat-pusat keramaian seperti jalan protokol dan pasar-pasar.
 
Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemkab Meranti melalui Dinas Kesehatan juga aktif melakukan Tracking dan Testing kepada masyarakat, yang diketahui pernah berinteraksi dengan pasien positif Covid-19.
 
"Karena kita khawatir, jika kasus terus bertambah akan sulit ditangani, karena daya tampung ruang Isolasi dan tenaga medis di Kepulauan Meranti sangat terbatas, untuk itu mari bersama sama kita dorong masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19," ujar Sekda.
 
"Mari kita tumbuhkan kesadaran individu dengan mematuhi protokol kesehatan, khususnya memakai masker untuk melindungi diri, keluarga dan orang lain, jangan lelah melawan Covid-19, "pungkasnya. (Sa/sl) 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :