Amin Sunaryadi : Energi Tanpa Henti di Lantung dan Lebin, Sumbawa


Dibaca: 265 kali 
Minggu,08 November 2020 - 20:55:55 WIB
Amin Sunaryadi : Energi Tanpa Henti di Lantung dan Lebin, Sumbawa
JAKARTA, suaralira.com - Komisaris Utama PLN Amin Sunaryadi mengatakan, sebagai Kado Hari Listrik Nasional ke-75, akhirnya masyarakat di Kecamatan Ropang dan Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa dapat menikmati listrik selama 24 jam. Sebelumnya, listrik di kedua daerah tersebut hanya menyala selama 12 jam dan disuplai dari PLTD Lantung melalui Sub Sistem Isolated Lantung - Lebin.
 
Terhubungnya Sub Sistem Isolated Lantung Lebin ke Sistem Interkoneksi Sumbawa, Jumat (23/10) lalu merupakan salah satu wujud komitmen PLN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik ke masyarakat, tandas Amin Sunaryadi yang juga mantan Wakil Ketua KPK tersebut.
 
"Dikatakannya di Tahun 2020, empat desa dan dusun berhasil dilistriki 24 jam non stop oleh Unit Induk PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat. Adapun keempat dusun tersebut adalah Dusun Sorikana, Dusun Sorikatupa, Kabupaten Bima di 14 April 2020. 
 
Selanjutnya Dusun Punik Kabupaten Sumbawa 19 Mei 2020, Dusun Nggelu Kabupaten Bima 21 Mei 2020, Desa Kelawis Kabupaten Sumbawa 30 Juli 2020 dan Desa Lantung dan Desa Lebin Kabupaten Sumbawa di Bulan Oktober 2020. Desa Lantung dan Desa Lebin Kabupaten Sumbawa dan dua desa berada di Kecamatan Ropang Kabupaten Sumbawa, ujarnya. 
 
Sumber listrik dari dua desa itu dipasok terpisah dari sistm kelistrikan Sumbawa yaitu melalui Sub Sistem Lantung dan Sub Sistem Lebin. Sebelumnya, listrik di Desa Lebin ini menyala hanya 12 jam setiap harinya.
 
Sementara itu, Camat Ropang Abdul Rais dalam videonya mengatakan,jika beroperasi 24 jam maka pelayanan perkantoran dan pemerintah/ dinas atau badan serta lembaga-lembaga pemerintah juga bidang-bidang usaha termasuk bidang pengembangan dan bidang lainnya sangat membantu, dan produksinya akan bertambah.
 
"Apresiasi kinerja PLN karena pengoperasian listrik menjadi 24 jam akan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi kinerja PLN atas peningkatan jam nyala dari 12 jam menjadi 24 jam. Hal itu sangat membantu peningkatan perekonomian warga,” ucap Abdul Rais singakt.
 
Sementara itu, sebelum terpenuhi kelistrikan 24 jam, para pihak usaha berharap kelistrikan dapat di tingkatkan. Sebagaimana disampaikan salah seorang warga profesi Petani dan juga profesi sebagai Tukang Kayu A Fuad mengharapkan fasilitas kelistrikan dapat dimanfaatkan 24 jam.
 
Selain itu juga, "salah seorang warga pelaku usaha bengkel, Rustam yang berharap peningkatan pelayanan kelistrikan. Karena jika listrik hanya 12 jam jadi kendala dalam pengembangan usaha. "Maka kami berharap, bisa dimanfaatkan 24 jam akan dapat meningkatkan usaha kami para usaha," tuturnya.
 
PLN, kata dia, menghubungkan sistem kelistrikan isolated Sub Lantung dan Sub Lebin dengan sistem kelistrikan Sumbawa dan membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 26,67 kilometer sirkit (kms).
 
Sebelumnya, pasokan listrik di Desa Lantung Lebin berasal dari pembangkit listrik tenaga diesel dengan kapasitas 393 kilo Watt (kW) dan 370 kW.
 
“Kami berupaya untuk terus meningkatkan layanan listrik kepada masyarakat. Peningkatan layanan listrik merupakan wujud komitmen PLN untuk terus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.” (realis/ sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :