Diduga Kamuflase Dalam Laporan, LSM Minta Inspektorat Lakukan Audit BOP PAUD


Dibaca: 163 kali 
Senin,04 Januari 2021 - 10:48:39 WIB
Diduga Kamuflase Dalam Laporan, LSM Minta Inspektorat Lakukan Audit BOP PAUD
PROBOLINGGO (Jatim), Suaralira.com – Ketua LSM Tameng Perjuangan Rakyat Anti Korupsi (TAMPERAK) kepada Wartawan media ini, Senin 4 Januari 2021 di kantor LSM Tamperak Probolinggo saat di temui, meminta kepada pihak Inspektorat untuk melakukan Audit Rinci penggunaan anggaran dana hibah Biaya Operasional (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun Anggaran 2017 sampai 2020 di Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.
 
"Saya minta kepada inspektorat Kabupaten Probolinggo untuk melakukan audit rinci di semua lembaga PAUD se Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Tahun Anggaran BOP PAUD 2017 sampai 2020, apakah digunakan sesuai peruntukannya atau tidak". 
 
Karena ia beranggapan selama ini pihak lembaga sebagai pengelola anggaran melihat adanya indikasi atau dugaan penyalahgunaan dalam pemanfaatan dana BOP tersebut, dan terkesan hanya kamuflase untuk menghabiskan anggaran dalam laporannya.
 
Sudarsono Ketua LSM Tamperak jawa timur menambahkan, biasanya modus penyalahgunaan atau penyelewengan dana BOP PAUD oleh oknum – oknum tertentu adalah pemalsuan dokumen, penggelembungan jumlah peserta didik, Tujuannya agar mereka bisa mendapatkan bantuan lebih banyak.
 
Tak hanya disitu saja, soal indikasi kebohongan dari pantauan yang di temukan di lapangan, tidak sedikit Lembaga PAUD Tahun 2017 sampai 2020 di Kecamatan Tongas yang memiliki peserta didik kurang dari 10 siswa dan ada Lembaga PAUD yang sudah tidak aktif lagi. Hal ini terungkap saat adanya pemotongan dana BSU oleh ketua Himpaudi kecamatan tongas beberapa minggu yang lalu.
 
Selain itu juga mengendus indikasi penyelewengan yang telah dilakukan dengan pemotongan dana bantuan operasional PAUD (BOP) yang disalurkan ke lembaga – lembaga PAUD, tidak sesuai juknis (2017/2020). Dalam waktu dekat kami akan meminta secara resmi melalui surat agar inspektorat Kabupaten Probolinggo  melakukan audit guna mengungkap fakta yang sebenarnya dalam penggunaan Dana BOP Paud. "Pungkas Sudarsono. (Khlk/fdl)
 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :