Potensi Alam Kampung Selamat, Berhasil Raih AWDI 2021 Sebagai Desa Wisata


Dibaca: 235 kali 
Sabtu,27 November 2021 - 13:40:45 WIB
Potensi Alam Kampung Selamat, Berhasil Raih AWDI 2021 Sebagai Desa Wisata Ket Fhoto : Bupati Aceh Tamiang, H Mursil di dampingi Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Muslizar saat menunjukkan Piagam Penghargaan Kepada Datok Kampung Selamat di ruangan Bupati Karang Baru, Aceh Tamiang, Jum'at (26/11/2021).
ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Desa (Kampung) Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang. Berhasil meraih predikat atau penghargaan Desa Wisata, di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang di luncurkan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Jakarta.
 
Penghargaan tersebut diberikan guna mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk bangkit kembali pasca pandemi Covid-19.
 
Kemenparekraf telah menetapkan desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria penilaian, di antaranya: penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Enviromental Sustainable), Desa Digital, Souvenir, Daya Tarik Wisata, Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.
 
Menurut Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tamiang Muslizar, keberhasilan Kampung Selamat dalam meraih penghargaan AWDI 2021, telah melewati berbagai tahapan penilaian di ajang tersebut, terutama potensi keindahan alam yang dimiliki, "ungkapnya. 
 
Dalam meraih AWDI 2021 tersebut, sebelumnya Disparpora secara rutin telah melakukan pendataan terkait potensi wisata yang akan dikelola nanti di kampung selamat.
 
Di Kampung Selamat menurutnya, beberapa potensi itu diantaranya ada wisata Gunung Pandan, selain itu terdapat juga air terjun yang sangat mengagumkan.
 
Ada juga pemandian air panas, lanjutnya, bahkan terdapat dua gua. Jadi kampung selamat, memang layak sekali mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia (AWDI) 2021 yaitu sebagai Desa wisata”, tambah Muslizar pada Media ini. 
 
Sementara terkait penghargaan itu, Bupati Aceh Tamiang, H Mursil SH MKn sangat mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atas piagam penghargaan yang diterima pada 3 Agustus 2021 lalu.
 
“Bangga saya atas kinerja Disparpora, mari terus kita tingkatkan upaya agar Wisata Kabupaten ini  terus berkembang”, katanya. 
 
Menurut informasi, keberhasilan Aceh Tamiang meraih ADWI 2021, telah menambah prestasi yang ditorehkan Kabupaten Aceh Tamiang pada Tingkat Nasional. (Tarmizi Puteh/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :