Benny Utama Menerima Penghargaan Peduli Penyiaran dari Gubernur Sumbar


Dibaca: 855 kali 
Kamis,23 Desember 2021 - 11:56:11 WIB
Benny Utama Menerima Penghargaan Peduli Penyiaran dari Gubernur Sumbar

Bupati Pasaman(sumbar)Suaralira.com Masyarakat Kabupaten Pasaman boleh berbangga punya kepala daerah yang visioner. Sang Bupati, Benny Utama membuktikan komitmen kuatnya membawa Pasaman ke arah yang jauh lebih baik.


Di tahun pertama pemerintahannya saat ini, banyak terobosan yang dilakukan. Bahkan sudah diganjar sejumlah penghargaan. Kemarin, Selasa (21/12) Benny Utama kembali meraih penghargaan bupati yang peduli penyiaran. Dan ia menjadi satu-satunya bupati yang meraih itu di Sumatera Barat.


Sebelumnya penghargaan pertama yang ia terima berkaitan dengan keberhasilannya meningkatkan status Kabupaten Pasaman dari berkembang menjadi maju. Perubahan status Kabupaten Pasaman tersebut dilihat berdasarkan klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) pada tahun 2021. Selama ini IDM dikenal sebagai program pendataan dari Kementerian Desa dalam bentuk indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yakni indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan.

 
Selanjutnya IDM digunakan untuk memantau perkembangan suatu desa ataupun nagari dalam menuju kemandirian berdasarkan implementasi Undang-undang Desa. Berdasarkan pantauan tersebut, desa maupun nagari diklasifikasikan dalam tingkatan yang berbeda yakni mandiri, maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal.

“Jadi memang pada 17 Desember lalu kita mendapatkan penghargaan ini dan diserahkan langsung oleh Gubernur kita, Buya Mahyeldi. Kita bersyukur kepada Allah karena Pasaman bisa meningkat selangkah dari berkembang menjadi maju. Tentu saja ini telah melalui proses yang ketat, mengingat penilaiannya dari kementerian,” jelas Bupati Pasaman, H. Benny Utama, Selasa (21/12).

Penghargaan ini adalah bukti nyata hasil dari kerja keras yang berkesinambungan. Ia akan menjadikan penghargaan tersebut sebagai motivasi bagi seluruh jajaran pemerintah maupun masyarakat Pasaman untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Saya masih ingat betul bahwa Pasaman pada tahun 2010 atau 2011 baru lepas dari daerah tertinggal dan menjadi berkembang, dan sekarang sudah menjadi daerah maju. Ini bukan proses sehari dua hari saja, melainkan melalui perjuangan yang sangat panjang. Ini membuktikan bahwa di Pasaman ada kesinambungan dalam pembangunan,” ujar Benny menjelaskan.

Mantan jaksa ini tak ingin kemajuan Pasaman hanya sebatas pada penghargaan saja. Ia akan berjuang untuk memastikan semua masyarakat menikmati status kemajuan tersebut.

“Ke depannya maju ini seperti apa? bagaimana tingkat pendidikan, akses masyarakat dan lain sebagainya. Ini akan menjadi tantangan dan kita akan belajar dan berusaha kembali untuk memajukan Pasaman dalam artian maju yang sesungguhnya seperti yang tertuang pada visi misi kita,” terangnya.


Sehari berselang, Selasa (21/12), Bupati Benny Utama kembali diberikan penghargaan sebagai kepala daerah peduli penyiaran, hasil verifikasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Mahyeldi bertempat di Auditorium Gubernuran Sumbar.
“Mudah-mudahan penghargaan yang diberikan oleh KPID kepada Bupati Pasaman ini menjadi motivasi bagi kepala daerah lain dan lembaga penyiaran itu sendiri. Tentunya untuk bisa menghadirkan konten yang lebih berkualitas dan lebih baik. Sehingga dapat mengedukasi dan meningkatkan peran masyarakat,” ucap Mahyeldi.

Ketua KPID Sumbar, Afriendi Sikumbang mengatakan bahwa Benny Utama merupakan satu-satunya kepala daerah yang meraih penghargaan tersebut pada tahun ini. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi Benny dalam membangun penyiaran lokal.

“Pasaman sedang melahirkan lembaga penyiaran lokal yakni radio. Dengan dukungan kepala daerah, kini sudah ada perdanya dan sudah on air dalam beberapa tahun sebelumnya. Namun memang sebelumnya belum ada izin, sekarang sudah ada dan sedang diproses. Insya allah tahun ini siap untuk mengudara, bisa mengedukasi dan memberikan manfaat untuk masyarakat. Termasuk juga menjadi corong untuk komunikasi publik dengan pemerintah terhadap pembangunan di Pasaman.” jelas Afriendi.

Benny yang mendapatkan penghargaan tersebut mengatakan itu sebagai sebuah tanggung jawab. Penghargaan yang telah diraih memiliki beban moral bagaimana pemerintah Pasaman untuk selalu mampu terdepan dan terbuka terhadap media dan dunia digitalisasi.

“Ini akan menjadi motivasi untuk lebih terbuka lagi dalam segala hal kepada media dan masyarakat secara umum, karena di era digital sekarang ini tidak ada pilihan bagi pemerintah kecuali melakukan keterbukaan untuk semua pihak. Dengan keterbukaan ini kita berharap ada umpan balik yang bisa kita terima dari masyaraka untuk menjadi modal agar pemerintah bisa lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya.

Untuk pengembangan media lokal yang dirintis oleh pemkab Pasaman, Benny mengatakan tak usah ragu terkait dana pengembangan. Bagaimanapun ia akan mengupayakan agar segala sesuatu hal yang perlu diketahui masyarakat dapat tersampaikan sebagaimana mestinya.

“Kita berbenah agar radio kembali berjalan, kita bersungguh-sungguh untuk mengatasi hal ini mengingat kemaren terkendala perizinannya. Insya allah 2022 radio kita ini kembali mengudara untuk memberikan informasi kepada masyarakat Pasaman maupun kabupaten tetangga. Untuk anggaran tidak perlu untuk dipikirkan, kalau ada hal-hal yang perlu dari saya, saya akan memberikan dukungan. Intinya informasi ini penting disampaikan kepada masyarakat. Kita butuh masukan, tapi kalau tidak ada informasi yang tersampaikan kepada masyarakat bagaimana mereka bisa memberikan masukan kepada kita. Umpan balik seperti itu lah yang kita tunggu dan kita harapkan,” tutupnya. (Fauzan)

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :