Pengurus Paguyuban Mitra Sunda Riau (Misuri) Kota Pekanbaru Resmi di Kukuhkan


Dibaca: 451 kali 
Minggu,16 Januari 2022 - 10:09:43 WIB
Pengurus Paguyuban Mitra Sunda Riau (Misuri) Kota Pekanbaru Resmi di Kukuhkan
Pekanbaru (Riau), Suaralira.com --Pengurus Paguyuban Mitra Sunda Riau (Misuri) Kota Pekanbaru resmi dikukuhkan. Pengukuhan Misuri dilaksanakan di komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Sabtu (15/01/22)
 
Turut hadir dalam pelantikan tersebut Walikota Pekanbaru Dr (hc) Firdaus ST MT, Ketua DPP Misuri Riau H Eyang Surahcmat, ketua DPD Kota Pekanbaru yang dilantik Abah Dedi suryadi dan para pengurus serta undangan lainnya.
 
Acara Pelantikan yang berlangsung hikmat dan meriah ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam keadaan Covid19.
 
Saat kedatangan Walikota Pekanbaru masyarakat Sunda Riau menyambut orang no 1 di Pekanbaru itu dengan atraksi kesenian khas sunda bernama tarian Lengser.
 
Dimana kesenian ini merupakan simbol kedekatan antara penguasa dengan rakyatnya, sehingga misuri berharap simbol ini bisa dan terwujud sebagai bentuk kedekatan Walikota dengan masyarakat Kota Pekanbaru.
 
Sebagai bentuk dari masyarakat Sunda yang Religius dan Nasionalis dalam acara pelantikan ini juga diawali dengan lagu Indonesia raya dan Pembacaan kalam Illahi tampa melihat alquran. Ini juga sebagai simbol bahwa orang Sunda sangat mempunyai ilmu yang tinggi dalam Agama dan kebangsaan.
 
Dalam sambutannya Ketua DPP Misuri Riau berharap bahwa dengan telah dikukuhkannya Misuri Kota Pekanbaru dibawah kepemimpinan Abah Dedi dapat lebih mempererat kekeluargaan antara masyarakat Sunda yang ada dikota Pekanbaru.
 
Selain itu Eyang Surachmat juga menghimbau agar Misuri Pekanbaru tetap bisa saling asah,saling asih dan saling asuh dan terus bahu membahu dan tolong menolong.
 
"Eyang Surachmat berharap Misuri Pekanbaru dapat bersinergi dengan paguyuban paguyuban yang ada dikota Pekanbaru. Terus jaga kekompakan dan kekeluargaan." Ujarnya
 
"Memang kita berasal dari Sunda namun dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Jadi saat ini kita adalah orang Pekanbaru yang harus bisa bersama sama pemerintah untuk memajukan Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya. Segala potensi yang dimiliki Misuri harus digunakan demi membangun Pekanbaru agar nanti kota Pekanbaru bisa menjadi kota Megapolitan yang bermarwah," ujar H Eyang surachmat.
 
Setelah menerima Bendera Petaka dan amanah serta tanggung jawab memajukan Misuri kota Pekanbaru,  Abah Dedi menyampaikan bahwa ia bersama anggota akan berusaha keras agar Misuri dapat menjadi besar dan bisa berperan aktif ikut serta dalam membangun Kota Pekanbaru.Saat ini Misuri Pekanbaru Punya 70 Ribu anggota yang terdaftar, Namun itu belum semuanya. Angota Misuri punya keahlian dan pekerjaan yang sangat beragam, hal itu bisa digunakan jadi potensi untuk ikut serta dalam pembangunan Pekanbaru.
 
"Saat ini mayoritas anggota Misuri banyak bekerja dalam bidang UMKM, namun bidang tersebut adalah salah satu faktor yang bisa jadi motor penggerak dalam pembangunan Pekanbaru sebagai kota jasa dan perdagangan. Kedepannya tiga hal yang akan terus dipertahankan dan ditingkatkan pengurus adalah bidang sosial dalam tubuh Misuri,  keagamaan agar ikut menciptakan kota yang Madani dan Seni budaya agar kesenian dan budaya Sunda yang ada bisa menambah khasanah budaya diPekanbaru yang heterogen.  Harapannya semua pengurus dan anggota dapat bekerjasama dan bersama bekerja demi Misuri dan kota Pekanbaru." Ujar Abah Dedi
 
Walikota Pekanbaru dalam kesempatan pelantikan tersebut menyampaikan Bahwa Misuri selama ini telah banyak ikut serta dalam mensukseskan kemajuan Pekanbaru.Selain itu budaya Sunda yang agamis juga bisa membantu Pekanbaru menjadi kota yang Madani sesuai visi dan misi Pekanbaru.
 
"Masyarakat Sunda begitu banyak yang bermukim diPekanbaru.  Mitra Sunda tersebut bekerja dibeberapa bidang yang ikut membantu pemerintah dalam membangun kota Pekanbaru.Pekerjaan Mitra sunda tersebut kebanyakan adalah Bidang UMKM yang membantu bergeraknya ekonomi,Karena Sektor UMKM adalah sektor yang sangat kuat menepong ekonomi dan UMKM adalah sektor yang tidak goyah oleh krisis moneter." Ujar Walikota
 
Selain itu Walikota juga berharap besarnya potensi yang dimiliki Misuri ini bisa jadi sumber manusia yang sangat dibutuhkan untuk mencapai target Pekanbaru  menjadi kota Megapolitan.
 
Saat ini Pemko sedang giat giatnya menjadikan Pekanbaru menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Salah satunya Kawasan Industri Tenayan yang juga sudah masuk proyek strategis Nasional.
 
Hal tersebut menjadi harapan besar Walikota kepada Misuri agar bisa ikut serta mensukseskannya,sehingga kota Pekanbaru bisa menciptakan lapangan kerja yang banyak demi kemajuan dan kemakmuran Pekanbaru kedepannya, tutupnya
 
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pertunjukan beberapa kesenian yang dilakukan oleh Misuri , diantaranya Lengser, Rempak Gendang, Jaipongan, Pencak silat, Tarung Derajat dan Reog.(sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :