Kodim 0302/Inhu Laksanakan Upacara Memperingati Harkitnas


Dibaca: 180 kali 
Jumat,20 Mei 2022 - 11:48:51 WIB
Kodim 0302/Inhu Laksanakan Upacara Memperingati Harkitnas
Suaralira.com, RENGAT (Riau) – Kodim 0302/inhu melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama”, yang di ikuti oleh Prajurit TNI dan PNS Kodim 0302/Inhu di Lapangan Upacara Makodim 0302/Inhu, Jl R Suprapto, Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Jum'at (20/05/2022).
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Koramil 01/Rengat Kapten Inf Ardiyasman dengan  membacakan amanat Upacara dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate antara lain, “Peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” ungkapnya.
 
Lanjut Kapten Inf Ardiyasman, pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia di masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda ingin kembali berkuasa.
 
Kiranya semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini ditengah krisis pandemi covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil. Patut dimaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.
 
Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.
 
“Peringatan Harkitnas ini juga harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air,” pungkasnya.
 
Setelah membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kapten Inf Ardiyasman menyampaikan pesan dari Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos kepada peserta Upacara agar mempedomani makna dari", Ayo Bangkit Bersama.
 
Agar para Prajurit Kodim 0302/Inhu selalu membina rasa Nasionalisme di tengah-tengah masyarakat agar terciptanya persatuan bangsa yang kuat. (P4as/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :