Pelalawan Terima 'Desa Wisata Kreatif Awards' 2017


Dibaca: 2184 kali 
Selasa,16 Mei 2017 - 08:05:12 WIB
Pelalawan Terima 'Desa Wisata Kreatif Awards' 2017
PALELAWAN, suaralira.com - Dari tahun ketahun-tahun selama kepemimpinan bupati Pelalawan HM Harris terus menoreh berbagai prestasi diberbagai hal. Penghargaan terbaru adalah desa Teluk Meranti kecamatan Teluk Meranti dinobatkan menerima penghargaan 'Desa Wisata Kreatif 2017' dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDDT).
 
Penghargaan ini, diterima wakil bupati Zardewan mewakili bupati Pelalawan HM Harris di kota madya Bukit Tinggi, Sumatera Barat selaku tuan rumah dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo.
 
Sepuluh desa penerima penghargaan award ini, terdiri atas sepuluh kategori yaitu, Desa Teluk Meranti di Pelalawan sebagai Desa Wisata Kreatif, desa Nagari (desa adat) Sungai Nyali di Kabupaten Pesisir Selatan untuk kategori Perkembangan Tercepat, Desa Madobak di Kepulauan Mentawai sebagai Desa Adat, Desa Tamansari di Banyuwangi sebagai Desa Wisata Jejaring Bisnis.
 
Selanjutnya Desa Pujon Kidul di Malang sebagai Desa Wisata Agro, Desa Seigentung di Gunung Kidul sebagai Desa Wisata Iptek, Desa Ubud di Gianyar sebagai Desa Wisata Budaya, Desa Waturaka di Ende sebagai Desa Wisata Alam.
 
Kemudian Desa Ponggok di Klaten sebagai Desa Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bontagula di Bontang sebagai Desa Wisata Maritim.
 
Saat penerimaan penghargaan, masing-masing desa penerima awards memperoleh dana bantuan pengembangan Bumdes, untuk kabupaten Pelalawan diterima oleh wakil bupati Zardewan.
 
Pada kesempatan itu, Menteri Eko Putro Sandjojo, pemberian penghargaan pada desa ini merupakan pertimbangan dari Mendes PDTT bagi desa yang telah mampu mengelola dana yang telah disalurkan, dan terbukti meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat desa, sehingga mampu menampung, mengkonsolidasi, dan mewadahi kegiatan usaha ekonomi desa.
 
Dalam menunjang BUMDes sambung Eko Putro Sandjojo, Kemendes PDTT memiliki program unggulan yakni Pertama produk unggulan desa yang dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan skala ekonomi, membuka kesempatan kerja, mendorong partisipasi masyarakat luas, dan memberi ruang keterlibatan pada pelaku ekonomi. Kedua BUMDes sebagai mesin penggerak ekonomi rakyat yang meliputi pembinaan manajeman, sumberdaya manusia dan kreatifitas, Ketiga membangun embung air desa yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta program unggulan Keempat menciptakan sarana olahraga desa, yang merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas tentang percepatan pembangunan sepakbola nasional.
 
Turut serta hadir pada kesempatan penerimaan penghargaan ini, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo,Walikota dan Bupati Penerima Awards,Forkompinda Propinsi dan Kota Bukit Tinggi serta Kepala OPD se Sumatera Barat, sementara itu Kabupaten Pelalawan turut mendampingi Wabup H.Zardewan Kepala BPMPD Pelalawan Drs.Zamur Das.
 
Menurut Kepala BPMPD Pelalawan Zammur Das, latar belakang desa Teluk Meranti dinobatkan oleh Kemendes-PDDT salah satu dari 10 desa di Indonesia menerima penghargaan ini didasarkan berbabagai hal.
 
Pertama menurut Zammur desa Teluk Meranti bisa mengexplorer aset wisata berupa ombak bono menjadi sebuah objek wisata. Bahkan ombak bono ini, saat ini masuk salah sati kelender wisata nasional. "Pertimbangan awalnya, begitu, dulukan ombak bono salah satu ombak yang menakutkan, akan tetapi kini dia, menjadi destinasi wisata dan masuk menjadi kelender wisata nasional," kata Zammur.
 
Kedua, sambung Zammur, masyarakat desa Teluk Meranti terbuka. Dalam artian, masyarakat desa Teluk Meranti bisa menerima wisatawan. Wisatawan lokal maupun manca negara. "Hingga saat ini, tercatat puluhan wisatawan manca negara dari berbagai negara berkunjung Teluk Meranti. Masyarakat menerima dengan baik orang-orang luar berkunjung kesini," tegas Zammur lagi.
 
Ketiga, paska ditetapkan, Bono masuk kelender wisata nasional, lanjut Zammur mulai bermuncul-munculan, peselancar-peselancar lokal. "Artinya, apa. Penduduk tempatan mempersiapkan diri jadi peselancar. Dan ini aset bagi desa sebagai ikon bono," tukasnya lagi.
 
Atas torehan, desa Teluk Meranti dinobatkan sebagai desa wisata kreatif kata Zammur adalah sebuah prestasi bagi daerah. "Ini adalah prestasi daerah. Apa yang dirintis pak bupati sudah membuahkan hasil," tandasnya.   (Adv)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :