HUT MPP Ke-I, Menpan RB Mengaku Takjub atas Pola Pelayanan MPP


Dibaca: 179 kali 
Rabu,11 Maret 2020 - 18:10:04 WIB
HUT MPP Ke-I, Menpan RB Mengaku Takjub atas Pola Pelayanan MPP
PEKANBARU (RIAU), suaralira.com - Sempena peringatan HUT Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, ke-1 ini, berlokasi di halaman MPP dan dihadiri langsung Mempan-RB Tjahjo Kumolo, Rabu (11/03/2020).
 
Acara HUT MPP ini dihadiri oleh pejabat mulai dari tingkat Kementerian hingga Pemerintah Daerah. Selain itu, Menpan-RB juga berkesempatan untuk resmikan Gedung Dinas Kependudukan Pelayanan Pencatatan Sipil yang terletak bersebelahan gedung MPP Pekanbaru.
 
Menpan RB ini kunjungi MPP Pekanbaru dan mengaku takjub melihat sistem dari pelayanan, serta keberadaan gedung ini. Selain itu pada kesempatan tersebut, Menpan RB Tjahjo menyerahkan penghargaan atas Pelayanan Prima dan diterima langsung Walikota (Wako) Pekanbaru Firdaus MT.
 
Dikatakan Tjahjo, dengan kehadiran MPP Pekanbaru dinilai memberikan pengaruh positif bagi investasi. "Dengan adanya MPP ini tentu untuk mendukung upaya dalam mempercepat memberikan pelayanan perizinan," paparnya dalam sambutanya perayaan puncak HUT MPP.
 
Dirinya sangat menyambut baik dengan ada MPP, yang untuk bisa melayani masyarakat di Kota Pekanbaru. Dan kalau konsep MPP tersebut bermula dari arah pelayanan satu pintu, yang diterapkanya pemerintah dalam pelayanan, salutnya.
 
“Karena dikatakan Tjanjo, reformasi birokrasi tidak hanya sebatas untuk mempersingkat birokrasi. Tetapi, bagaimana dengan adanya MPP dapat memberikan kemudahan dan juga kecepatan terhadap pelayanan terhadap masyarakat, khususnya dalam masalah perizinan satu pintu."
 
Dengan adanya pelayanan yang mudah dan juga cepat, tentunya hal itu dapat berdampak dalam meningkatnya investasi di daerah. Sebab, sambungnya, jika perizinan yang tepat dan cepat, maka investor bergerak pada pertumbuhan ekonomi, papar politisi PDI Perjuangan ini.
 
Dikesempatan itu, Tjahjo juga menyebutkan pihaknya mengapresiasi seluruh jajaran pemerintah yang ada di Riau, khususnya Kota Pekanbaru. Maka dengan ada MPP ini, diharapkan memberi pelayanan yang tepat dan berkualitas di dalam melayani masyarakat Kota Pekanbaru.
 
"Yang penting, bagaimana integrasikan pelayanan dan saran kritikan. Sehingga, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan MPP ini lebih baik," sebutnya. Lebih lanjut disebutkan MPP Pekanbaru ini yang terintegrasi dengan sistem, dan tentu dapat ditiru daerah lain.
 
Menpan RB Tjahjo ini pun menyebutkan, bahwasa pemerintah dalam hal ini dinas perizinan, sudah semestinya mampu memberikan pelayanan terbaiknya pada masyarakat. Maka, dia yakin hal Sumber Daya Manusia (SDM) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) ini bekerja baik.
 
"Cepat bergerak, cepat bekerja di dalam memberikan pelayanan. Maka akan bisa membawa pertumbuhan ekonomi yaitu mestinya dengan reformasi secara utuh, bagaimana menata kepagawaian, maka diharapkan ASN supaya profesional dan mampu melayani," ungkapnya.
 
Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT dalam sambutannya dalam membuka acara, menyampaikan bahwa sejak dibukanya MPP Pekanbaru ini sudah terjadi peningkatan pelayanan, baik pada bidang perizinan maupun non perizinan di Kota Pekanbaru. 
 
“Sejak setahun lalu dibuka, sampai hari ini, sudah terjadi kenaikan dalam bidang pelayanan. Mulai untuk jumlah investasi naik 250 persen, dari bidang proyek naik 80 persen, tenaga kerja naik 60 persen,” katanya. Lebih lanjut disebutkannya, ini inovasi dalam pelayanan.
Dengan ada inovasi bidang pelayanan masyarakat, telah diterapkan di MPP saat ini, dan dapat juga melayani ratusan bahkan hingga ribuan pelayanan dalam satu hari. Biasanya itu pelayanan dalam satu hari hanya antara 50 sampai 600 pelayananya, jelas Firdaus.
 
Selanjutnya, dalam peringatanya HUT MPP Pekanbaru ke- I ini, juga berkesempatan Menpan-RB Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan kepada Firdaus selaku Walikota Pekanbaru, atas suksesnya tata laksana MPP Pekanbaru.
 
Selain itu, diserah piala serta piagam gerai terbaik. Dan hasil penilaian gerai terbaik itu diantara lain yaitu Kantor BPN Pekanbaru, Kantor Imigrasi Pekanbaru dan DPMPTSP Kota Pekanbaru. 
 
Dan diketahui saat sekarang di MPP Pekanbaru memiliki 32 gerai dengan layanan hampir mencapai 200 layanan perizinan dan non perizinan. (sl/dai/adv pemko pekanbaru)

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :