Sekdaprov SF Hariyanto: PPKM di Riau Membuahkan Hasil Tren Kasus Kita Menurun


Dibaca: 195 kali 
Senin,23 Agustus 2021 - 16:24:30 WIB
Sekdaprov SF Hariyanto: PPKM di Riau Membuahkan Hasil Tren Kasus Kita Menurun
PEKANBARU (RIAU), suaralira.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengatakan, sejauh ini PPKM level 4 di Riau membuahkan hasil yang cukup menggembirakan. Hal ini, terbukti sejak beberapa hari terakhir bahwa tren penambahan kasus harian cenderung menurun.
 
"Jika biasanya penambahan yang selalu diatas 1.000 kasus, tapi sejak beberapa hari ini penambahan kasus harian selalu berada dibawah angka 1.000 kasus. Hal  itu, patut kita meucapkan Allhamdulilah  kasus ini mengalami penurunan, tracing kita juga terus kita tingkatkan, dan Riau tracingnya sudah cukup tinggi," sebut SF Hariyanto, Senin (23/8/2021). 
 
Seperti diketahui, kasus Covid-19, untuk  Provinsi Riau terus semakin mengalami penurunan. Seperti Minggu (22/8/2021) terdapat penambahan pada kasus baru pasien terkonfimasi Covid-19 sebanyak 568 orang. Dengan jumlah total, pasien Covid-19 di Riau itu berjumlah 119.289 orang sejak pandemi Covid-19.
 
Sedangkan pasien positif Covid-19 yang sembuh hari ini, yaitu ada penambahan sebanyak 669 orang. Dengan demikian, total pasien sembuh di Provinsi Riau ini sejak awal Pandemi hingga sekarang itu sebanyak 106.629 orang. Sementara hal pasien Covid-19 yang meninggal hari ini ada penambahan sebanyak 29 orang.
 
Untuk diketahui, hari ini berakhir PPKM. Namun, Pemprov Riau tunggu arahanya dari Pemerintah Pusat hal kemungkinan diperpanjang lagi PPKM Level 4 itu atau tidak. Sebagaimana diketahui, PPKM ini di Provinsi Riau di empat daerah. Hal itu berakhir, pada hari Senin (23/8/2021) ini keseluruhan. Empat kabupaten/kota itu adalah Pekanbaru, Dumai, Siak dan juga Rokan Hulu (Rohul). 
 
Namun sejauh ini belum ada kepastian apakah itu PPKM Level 4 tersebut akan diperpanjang atau tidak. Karena, halnya Pemprov Riau serta Satgas Penanganan Covid-19 masih menunggu keputusanya dari pemerintah pusat. "Hal ini kita tentu masih tunggu arahan Pak Presiden. Kita tunggu besok," katanya.
 
Pria yang akrap disapa Anto ini, ungkap,  apapun hasilnya keputusan yang nanti ditetapkan pemerintah pusat, pihaknya siap untuk menjalankan. Termasuk jika nanti ternyata itu PPKM Level 4 di Riau diperpanjang. Intinya, dalam hal PPKM ini tentu pihak Pemprov Riau menunggu arahan Presiden Jokowi.
 
Sementara itu, pihak Juru bicara Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, menyebut, penambahan pasien positif belakangan ini terus turun dibawah angka 1.000. Ini tentunya jauh dibandingkan bulan Juli lalu yang hingga 2.000 kasus lebih per hari. Ini dikarena diberlakukanya PPKM dalam mencegah penyebaran virus.
 
"Meskipun saat ini jumlah pasien positif Covid-19 mulai menurun. Namun hal itu tidak menurunkan jumlah testing untuk mendeteksi Covid-19. Hal sampel swab yang diperiksa tetap banyak, karena hal ini sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," imbuhnya. 
 
Pada kesempatan tersebut, dr Yovi juga mengatakan, disaat ini keterisian ruang isolasi Covid-19 non ICU dirumah sakit rujukan tersebut juga semakin menurun hingga dibawah 60 persen. Hal ini, juga menjadi indikator bahwa pasien di Riau terus menurun. Namun demikian, untuk  protokol kesehatan harus tetap ada. **(ADV/Diskominfo Riau)

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :