Warga Diminta Waspada Kejahatan Marak Jelang Lebaran

PEKANBARU (suaralira.com) - Jelang lebaran Idul Fitri ini, aksi kejahatan mulai meningkat di Kota Pekanbaru. Bahkan beberapa hari terakhir, sebagian warga menjadi korban kawanan ini.

Seperti terjadi menimpa Rezi, warga Suka Mulya Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai. Barang-barangnya seperti laptop, dompet yang berisi uang tunai Rp 6,6 juta dicuri maling.

Sebelumnya, aksi bongkar rumah di Jalan Merpati Sakti Panam. Kawanan rampok menggasak seisi kamar korban, dan korban diikat.

Melihat tren kejadian ini, kalangan DPRD Pekanbaru menghimbau masyarakat untuk ekstra waspada. Jika melihat orang yang mencurigakan, terutama orang tak dikenal, segera lapor ke pihak RT atau tetangga terdekat. Setelah itu lapor ke polisi.

"Kita minta jangan terlalu percaya dengan orang baru. Karena modus kawanan rampok saat ini dengan berbagai cara. Apalagi membongkar rumah, maka pastikan seluruh pintu rumah dikunci rapat," saran Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman, Minggu (19/6/2016) yang dikutip Tribun.

Mengenai masih terjadinya aksi jambret dan curanmor belakangan ini, politisi PAN tersebut meminta, agar masyarakat tidak membawa uang dalam jumlah besar jika keluar rumah. Termasuk kebiasaan anak-anak muda dan para ibu menerima panggilan HP saat mengendarai sepeda motor.

"Untuk hal ini kita minta jangan menjadi kebiasaan. Karena hal itu memancing kawanan untuk beraksi," harap Sondia seraya meminta kepada pihak kepolisian untuk intens menggelar patroli rutin jelang lebaran ini.