ilustrasi

Tips Ampuh Atasi Kebotakan Pria Secara Alami

SEKITAR 70 persen pria menderita kebotakan atau yang biasa disebut dengan androgenetic alopecia. Kehilangan rambut adalah normal karena merupakan bagian dari penuaan. Akan tetapi bagaimana jika rambut sudah mulai menipis di usia yang masih dua puluhan? Tentu akan sangat mengganggu penampilan, bukan?
 
Kebotakan sejatinya disebabkan oleh genetik yang buruk. Ada juga yang disebabkan oleh hormon yang menentukan kekuatan rambut Anda, salah shampoo, dan lain sebagainya. Kebanyakan adalah karena kekurangan gizi atau masalah tiroid. Beberapa orang mengonsumsi pil pertumbuhan rambut yang justru memiliki efek samping berupa penurunan libido, disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan lain sebagainya.
 
Daripada mengonsumsi ini dan itu, sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri. Berikut ini merdeka akan berbagi tips mengatasi kebotokan bagi pria.
 
1. Santan
Percaya atau tidak, santan memiliki khasiat dan gizi tinggi untuk memperkuat akar rambut. Selain itu santan juga mampu memelihara setiap helai rambut. Bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita.
 
Caranya adalah sediakan 20ml santan, minyak amla 2 sendok teh, dan jus lemon 1 sendok teh.
 
Campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Oleskan ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terkahir, bilas dengan air hangat.
 
2. Bawang
Bawang memiliki khasiat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.
 
Caranya adalah siapkan satu bawang merah dan satu sendok teh madu.
Setelah semua siap, parut bawang merah dan ekstrak jus. Kemudian olehkan bahan parutan bawang ke daerah kepala yang botak sambil dipijat secara halus. Lakukan terus menerus sampai menjadi merah. Kemudian oleskan madu di atasnya. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.
 
Anda bisa mengulangi proses ini setidaknya tiga kali seminggu untuk hasil yang baik. Lihat perubahannya dalam seminggu.
 
Itulah tips alami untuk mencegah dan mengatasi kebotakan bagi pria. Tips ini diyakini sangat ampuh. Selamat mencoba!