Tahun Ini Naik 35 Persen

Kepala BPKAD : TPP 2019 Sudah Bisa Dibayar

BENGKALIS (RIAU), suaralira.com - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau, Aulia mengataan, saat ini Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk Januari 2019, sudah bisa dibayarkan.

Didampingi Kepala Bapenda H Imam Hakim dan Kepala Bidang Anggaran BPKAD Arlys Suhatman, Aulia menjelaskan itu usai mengikuti upacara spelling pagi gabungan di halaman kantor Bupati Bengkalis, Senin (25/02).

“Bagi Perangkat Daerah (PD) yang belum segera lengkapi administrasi pembayarannya,saat ini sudah bisa dibayarkan. Data terakhir yang kami terima sampai Jum’at, 22 Februari lalu, sudah ada 6 PD yang sudah mencairkan TPP untuk Januari 2019,” jelas Aulia, tanpa menyebutkan 6 Perangkat Daerah yang dimaksud.

Aulia juga membenarkan bahwa TPP untuk tahun 2019 ini naik sekitar 35 persen dibandingkan tahun 2018. Atau kembali seperti tahun 2017. Janji Bupati Amril Dibanding tahun 2017, TPP yang diterima PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada tahun 2018 memang menurun sekitar 35 persen.

Penurunan tersebut sebagai konsekuensi belum baiknya keuangan daerah atau terjadinya defisit anggaran. Akibat defisit  tersebut dan sebagaimana juga banyak kegiatan lainnya, TPP tahun 2018 terpaksa ikut dirasionalisasi. Namun sesuai janji Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam berbagai kesempatan sebelumnya, jika keuangan daerah di tahun 2019 kembali baik, maka TPP akan dikembalikan seperti tahun 2017.

"Kita lihat kondisi keuangan kita tahun 2019. Jika memungkinkan kenapa tidak. Kita akan kembalikan bantuan kesejahteraan (honor) bagi guru madrasah di daerah ini ke posisi semula. Begitu pula tunjangan penghasilan legawai (TPP)," ungkap Bupati Amril.

Janji itu disampaikan orang nomor satu di Negeri Junjungan ini usai penandatanganan kesepakatan kebijakan umum anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun 2019, di kantor Bupati Bengkalis, tahun 2018 lalu. Diskominfotik Juga Belum Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Johansyah Syafri menjelaskan, sampai Senin pagi tadi, TPP Januari 2019 untuk PD yang pimpinannya itu, belum dibayarkan.

“Mungkin siang ini dibayarkan. Seluruh administrasi untuk pembayarannya sudah siap dan sudah kami tandatangani. Sudah kami serahkan ke Bendahara Pengeluaran,” tutup Johan.***(ys/sl)