Peduli UMKM, Babinsa Kodim 0302/Inhu Kunjungi Usaha Pengolahan Tahu

Inhu (Riau), Suaralira.com -- Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Peltu Herman Waluyo melaksanakan kunjungan dan membantu proses pembuatan tahu sumedang milik Bpk Amad di RT 03 RW 02 Kel Pematang Reba Kec Rengat Barat.
 
Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan kegiatan rutinitas yang di lakukan oleh aparat kewilayahan (Babinsa), guna membina dan memupuk hubungan antara Babinsa dan masyarakat binaannya sehingga akan terwujud rekan kerja yang solid.
 
Seperti yang di lalukan Babinsa Koramil 01/Rengat, Peltu Herman Waluyo melaksanakan anjangsana dan Komsos dengan mengunjungi serta melihat secara langsung proses produksi pembuatan tahu milik Bpk Amad yang bertempat di Kel Pematang Reba.
 
Home industri Tahu milik Bpk Amad telah beroperasi selama lebih kurang 3 tahun. Setiap harinya bisa memproduksi tahu sebanyak 100 - 150 Kg.
 
Menurut Bpk Amad tahu dibuat dari kedelai, sama seperti tempe. Perbedaannya adalah tidak ada proses fermentasi dalam pembuatan tahu. Bahan dasar dari kedelai ini membuat tahu kaya akan protein, zat besi, dan kalsium. Selain itu, tahu juga memiliki kelebihan yaitu kandungan lemak jenuh yang rendah, sehingga tidak perlu takut gemuk saat mengkonsumsinya.
 
Peltu Herman Waluyo mengatakan, Sebelumnya saya mengucapakan terima kasih karena bapak telah berkenan memberikan waktu kepada saya untuk melihat secara langsung proses pembuatan dan pengolahan tahu ini, sehingga saya jadi faham bagimana cara pengelolahan tahu dari tahap awal sampai tahu tersebut siap dipasarkan dan di konsumsi.
 
Lanjutnya, tetap jaga kualitas dan mutu dari tahu tersebut, banyak orang yang melakukan hal-hal yang tidak bagus dengan mencampurkan campuran bahan pengawet seperti Borak dan Formalin, sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya. (prs/sl)