Buka Rapat Kerja Tehnis Direktorat Binmas, Kapolda Riau Irjen Iqbal Tekankan Koordinasi Bersama Stake Holder

PEKANBARU, Suaralira.com -- Direktorat Binmas Polda Riau menggelar rapat kerja tehnis (Rakernis) hari Rabu (30/3/2022) diaula Mapolda Riau.
 
Kegiatan dibuka oleh Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal SIK MH dan dihadiri oleh Direktur Binmas AKBP Wendry Purbyantoro SH, Wadir Binmas, para Kasubdit, Kabag dan personel Ditbinmas Polda serta para Kasat Binmas jajaran, perwakilan Kanit Binmas Polsek dan para operator.
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindalanjut Rakernis yang dilaksanakan ditingkat Mabes beberapa waktu lalu. Disamping itu juga sebagai moment bagi Direktur, para Kasubdit dan Kabag memberikan petunjuk dan arahan serta analisa evaluasi pelaksanaan tugas Satuan Binmas jajaran.
 
Kapolda Riau Itjen Iqbal dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Dit Binmas dan jajaran Polda Riau dan yang terlibat dalam penanggulangan pandemi covid-19.
 
“Terimakasih jajaran Binmas yang telah berjibaku dalam penanganan covid-19 di wilayah provinsi Riau, sehingga terjadinya sinergitas Binmas dengan stakeholder dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif sebagai strategi untuk mendukung pemulihan ekonomi agar terwujudnya stabilitas ekonomi nasional menuju Indonesia maju bersama Polri yang presisi,” ujar Iqbal.
Dirinya mengharapkan para Kasat dan Kanit Binmas jajaran Polda Riau lebih proaktif untuk mendorong masyarakat melaksanakan vaksin 1, vaksin 2 dan boster. 
 
Iqbal menjelaskan, untuk mengoptimalkan fungsi Binmas di bidang preemtif, Koorbinmas Baharkam Polri telah mengeluarkan aplikasi binmas online system versi 2 (bos v2) dan aplikasi preemtif sebagai sistem pencegahan kejahatan.
 
​“Aplikasi Binmas online system versi 2 ini bertujuan untuk memudahkan para Bhabinkamtibmas membuat laporan sehingga semua kegiatannya dapat terkontrol secara terpusat,” urainya.
 
Kesempatan tersebut Kapolda Iqbal mengingatkan seluruh pengemban fungsi Binmas  bahwa sistem laporan BOS versi 2 memberi berbagai macam jenis informasi berupa paparan kamtibmas, video grafis, meme dan infografis lainnya yang dapat digunakan untuk mendukung tugas dilapangan.
 
“Para Kasat Binmas agar selalu mengupdate data Bhabinkamtibmas terakhir, FKPM, DDS, BKPM, serta data poskamling. Juga agar melaksanakan binluh terkait penyalahgunaan narkoba, laksanakan problem solving di lingkungan sekitarnya dan membantu mengatasi konflik sosial yang lain,” papar Iqbal.
 
Kapolda Iqbal juga meminta Binmas jajaran melaksanakan himbuan bahaya terorisme, radikalisme dan budaya intoleransi diwilayahnya.
 
Diujung sambutannya, Kapolda meminta Binmas untuk berkoordinasi dengan instansi lain dan para stake holder di wilayahnya dalam upaya mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1443 H. (Hms/J Manik/sl)