Plt Bupati H Suhardiman Amby memberikan bantuan untuk kegiatan sosial tersebut, dan memberikan bantuan untuk setiap kuliner yang di pamerkan, serta bantuan untuk pemain alat kesenian daerah asli Rantau Kuantan, yakni berupa Calempong

Plt Bupati Suhardiman Buka Kegiatan Sosial FIKCI Rindu Kampung

CERENTI(KUANSING),SUARALIRA.COM — Memeriahkan hari raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M,serta mengobati kerinduan para perantau Cerenti terhadap kampung halaman,Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM pada Kamis (5/5/22) resmi membuka kegiatan yang ditaja oleh Forum Ikatan Keluarga Cerenti Indonesia (FIKCI) yang menyelenggarakan beberapa kegiatan sosial dengan tema “FIKCI Rindu Kampung” yang dilakukan selama 2 hari berturut-turut, yakni tanggal 04-05 Mei 2022.
 
Wakil Ketua FIKCI Akmal Abbas SH MH yang juga merupakan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Riau itu,dalam sambut nya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan dan mendorong kesejahteraan serta meningkatkan hasil panen masyarakat di Kecamatan Cerenti ke depannya.
 
“FIKCI sebagai wadah masyarakat Kecamatan Cerenti yang ada di perantauan senantiasa akan berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan cara mendorong peningkatan hasil panen kebun dan ladang masyarakat, seperti halnya sayur sayuran serta padi nantinya,” ujarnya.
 
Sementara itu Camat Cerenti Yuhendra S.Sos juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini selain dalam rangka melepas rindu masyarakat di perantauan pulang kampung, juga sebagai ajang pendorong peningkatan perekonomian masyarakat yang ada di Kecamatan Cerenti.
 
“Terimakasih kepada FIKCI yang sudah mewadahi sehingga terwujudnya kegiatan ini, demikian juga kepada Bupati Kuantan Singingi, Pak Suhardiman Amby terimakasih kami sampaikan mewakili masyarakat Kecamatan Cerenti atas kesediaan waktunya untuk membuka langsung kegiatan sosial yang diselenggarakan FIKCI ini,” ucapnya.
 
Ke depannya, sambung Yuhendra, diharapkan hal ini bisa lebih diseriuskan lagi penyelenggaraannya, sehingga bisa menjadi suatu iven yang menjadi agenda kebudayaan Pemda Kuansing nantinya.
 
“Dengan adanya hal ini, semoga kegiatan ini ke depannya bisa menjadi perhatian dan dianggarkan dalam agenda kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi hendaknya,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby menyampaikan bahwa hal ini agar bisa dijaga dan dilestarikan ke depannya, sehingga mampu mendatangkan nilai-nilai ekonomi bagi masyarakat nantinya.
 
“FIKCI pantas mendapatkan apresiasi dari seluruh lapisan masyarakat, dimana FIKCI ini memiliki program dan kegiatan yang sangat positif serta menimbulkan dampak baik untuk masyarakat nantinya,” kata Bupati Kuansing yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu.
 
Untuk itu, sambung Suhardiman Amby,  dirinya sangat berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di masa-masa yang akan datang dan lebih meriah lagi nantinya.
 
“Maka dari itu marilah sama sama kita jaga dan lestarikan hal hal seperti ini, serta kita carikan solusi agar kegiatan ini bisa menjadi salah satu iven kebudayaan di Kabupaten Kuantan Singingi ke depannya,” jelasnya.
 
Seperti yang di ketahui,lanjut Suhardiman Amby, kegiatan yang ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan sosial, seperti khitanan massal gratis, Fokus Group Discussion (FGD) serta festival lagu daerah Kecamatan Cerenti.
 
FIKCI juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan sosial lainnya, seperti pawai budaya dengan berjalan kaki yang dimulai sejak di kawasan Tugu Perjuangan Cerenti dan diakhiri dengan festival kuliner di Halaman Kantor Camat Cerenti, dan sebelumnya juga dilakukan penanaman bibit kopi di Desa Pulau Bayur,” beber Suhardiman.
 
“Tidak lupa pula pada malam puncaknya yang merupakan penghujung atau penutup kegiatan, yakni dengan kegiatan malam silaturahmi, yang dilakukan di Halaman Kantor Camat Cerenti.
 
Mengakhiri kegiatan, Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby juga menyicipi kuliner berciri khas asli Cerenti yang diperlombakan dan pameran lukisan di Halaman Kantor Camat Cerenti.
 
Tak lupa pula, Plt Bupati H Suhardiman Amby memberikan bantuan untuk kegiatan sosial tersebut, dan memberikan bantuan untuk setiap kuliner yang di pamerkan, serta bantuan untuk pemain alat kesenian daerah asli Rantau Kuantan, yakni berupa Calempong.*
 
(Ind/sl)