Munirah, S.Pd Plt.SD Negeri 131 Pekanbaru

Tingkatkan Disiplin, Prestasi dan Mutu Pendidikan

Suaralira.com, Pekanbaru — Plt Kepala SD Negeri 131 Pekanbaru dijumpai awak media suaralira.com Rabu, 11 Januari 2023 diruangannya, bahwa Munirah, S.Pd selaku Pelaksana Tugas Kepala SD Negeri 131 Pekanbaru sesuai tugas jabatan baru yang diemban. Ingin meningkatkan Displin, Prestasi dan Mutu Pendidikan sekolahnya.

Munirah menuturkan kedepannya akan melaksanakan tugas memberikan bimbingan, pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan demi kedisiplinan, Prestasi dan mutu pendidikan sekolahnya menuju prestasi siswa.

Juga pengajaran berupa Disiplin guru dan siswa guna meneruskan program terbaik dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar aman, bermutu demi prestasi SDN 131 ini.

Disini saya kedepannya insyaallah akan melanjutkan sekaligus memperbaiki program atau lebih ke disiplinan sesuai jadwal dan berupa tata tertib agar lebih baik lagi kedepannya.

Sekarang yang sudah dilaksanakan sesuai jadwal masuk jam 7 pas. Baik itu guru maupun siswa masuk jam 7 dimana sudah di tunggu sama guru piket di gerbang pintu masuk (halaman sekolah).

Siswa hanya diantar sampai pintu gerbang dimana tidak lagi orang tuanya mengantar ke dalam sekolah. Karena tidak dibolehkan dan juga kita disini meneruskan program yang ada setiap Jumat pagi siswa mengadakan imtaq sebelum masuk belajar selama 30 menit.

Kegiatan imtaq dipimpin guru agama dan nanti anak bergiliran dari kelas VI sampai Kelas I untuk mengisi acara imtaq. 

Juga ke kedepannya saya akan mengadakan 15 menit sebelum masuk kita akan mengadakan pembiasaan Jadwal Senin literasi Selasa nanti tentang IPAS(ilmu pengetahuan sosial).

Mengenai kurikulum telah kita terapkan kurikulum merdeka belajar. Disamping itu extra kurikuler (ekskul) Ke Pramukaan diadakan kembali karena sekarang kan pandemi covid 19 ditahun 2023 sudah berkurang tetapi tetap waspada. Adapun pembina dan pelatih Pramuka sudah dipersiapkan.

Juga ekskul dalam hal seni literasi sehingga siswa siswi sesuai ekskul dinginkan bisa mengikuti dengan baik dan dapat berprestasi nantinya "ujar Ira.

Kemudia SD Negeri 131 ingin meningkatkan mutu pelajaran siswa, yang jelas kita disini untuk berangsur lebih baik mutu pendidikan dan guru juga untuk lebih aktif disamping siswanya agar lebih aktif dan berprestasi.

Dalam artian Untuk terlaksananya disiplin, cara yang dapat dilakukan di sekolah, "tutur Ira,

* Guru hendaknya bisa menjadi contoh dalam berdisiplin, misalnya tepat waktu. Siswa tidak akan memiliki disiplin manakala melihat gurunya sendiri juga tidak disiplin. Guru harus menghindari kebiasaan masuk menggunakan jam karet, molor dan selalu terlambat masuk kelas.

* Memberlakukan peraturan tata tertib yang jelas dan tegas, sehingga mudah untuk diikuti dan mampu menciptakan suasana kondusif untuk belajar.

* Secara konsisten para guru terus mensosialisasikan kepada siswa tentang pentingnya disiplin dalam belajar untuk dapat mencapai hasil optimal, melalui pembinaan dan melalui keteladanan

Juga Guru harus menunjukkan sikap keteladanan dalam berbuat dan berkata. Serta guru selalu dilihat dan didengar serta dianggap baik oleh siswa sehingga dapat meresap masuk begitu ke dalam hati sanubarinya dan dampaknya kadang-kadang melebihi pengaruh dari orang tuanya di rumah. 

Sikap dan perilaku yang ditampilkan guru tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari upaya pendisiplinan siswa di sekolah, "tutupnya.(Jheff/sl)