Sebagai Babinsa Melaksanakan Komsos Tetap Dilakukan Termasuk Kepada Petani Timun

Suaralira.com, Rengat - Sebagai  Babinsa harus bisa menjadi teladan dan memotivasi warga desa binaan nya,hal ini juga di lakukan Babinsa Koramil 01/Rengat Peltu Erwinuddin pada Rabu (4/10/2023), dalam mendampingi petani timun dalam perawatan tanaman nya.
 
Kegiatan yang di lakukan oleh Babinsa secara rutin di desa binaan nya bertujuan untuk memantau akrifitas warga yang sedang bertani, kesempatan kali ini disempat kan Babinsa membantu petani timun dalam perawatan tanaman nya.
 
Lebih lanjut Babinsa mengatakan timun merupa- Kan salah satu jenis buah- buahan yang juga di guna kan untuk sayuran,untuk menghasil kan buah yang banyak di perlukan perawatan dan pemupukan secara teratur,
 
Tanaman timun yang sudah berumur 20-30 hari perlu di perhatian kebersihan dari gulma-gulma yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, salah satu nya dengan perawatan tanaman seperti membersih kan dari rumput-rumput di sekitar tanaman timun sehinga pupuk yang telah kita berikan betul-betul dapat di serap oleh timun.
 
Selanjutnya untuk menghasil kan buah yang maksimal perlu di adakan pemangkasan pada tanaman, pemangkasan serta perlu di lakukan pada saat tanaman berumur 1 sampai 1,5 bulan. karena timun merupakan salah satu tanaman merambat perlu juga  di berikan lanjaran untuk merambat nya tanaman.
 
Sebagai Babinsa Peltu Erwinuddin menyampaikan, kehadiran nya tengah-tengah petani bisa memberi motivasi para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam palawija seperti tanaman mentimun, apa lagi kondisi wilayah kita cocok untuk pertanian.
 
Lebih lanjut Babinsa juga berharap kepada para petani,setelah panen tananam timun ini,lahan jangan sampai di biar kan kosong terlalu lama,kalau bisa dari sekarang para petani sudah bisa merencana kan atau menyiap kan tanaman apa yang akan di tanam di lahan ini,sehingga penghasilan untuk menyokong ekonomi keluarga semakin meningkat.
 
Sementara pemilik lahan buk suryati kepada suaralira.com mengatakan kami tidak menyangka bapak babinsa mau hadir di lahan kami,ini merupakan kebanggaan buat kami par petani yang ada di sini karena TNI itu memang betul-betul hadir untuk rakyat dan tidak memandang status sosial nya,Katanya
 
Dengan memberi  semangat dan motivasi buat kami,saya berharap semoga TNI betul- betul ada untuk rakyat karena dengan dekat nya TNI dengan Rakyat apa pun persoalan dan permasalahan bisa kita hadapi bersama - sama."ujarnya (pr4as)/sl)