Babinsa Pantau Hewan Ternak Warga untuk Mencegah PMK, Ini Pesan Babinsa

Suaralira.com, Rengat Barat - Anggota Koramil 01/Rengat Kodim 0302//Inhu Serka Surwaidi, terus pantau hewan ternak masyarakat hal ini di lakukan untuk memastikan lasung tetang ada tidaknya penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan peliharaan warga di kelurahan pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu - Riau.12/01/2024. 
 
Tentunya kegiatan ini di sambut baik oleh peternak sapi di wilayah binaannya karena hewan peliharaan warga tetap terpantau dari penyakit Mulut dan Kuku. 
 
Babinsa juga menyampaikan ke masyarakat yang mempunyai ternak sapi untuk tetap menjaga kebersihan kandangnya karena hal ini penting harus di lakukan oleh peternak sapi supaya penyakit tidak mudah untuk datang kalah kandang sapi atau tempat ternaknya selalu bersih.
 
Apa bila ada tanda-tanda hewan ternak warga yang mengalami sakit Babinsa menghimbau agar warga segera berkoordinasi dengan Babinsa atau dokter hewan terdekat sehingga bisa di cegah atau di obati secepatnya. 
 
Dari hasil pengecekan Babinsa ke wilayah binaan saat ini belum di temukan tanda-tanda penyakit khususnya penyakit kuku dan mulut (PMK) semua hewan dinyatakan sehat."tambahnya.
 
Babinsa juga menyampaikan ke masyarakat kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk monitoring pada hewan ternak di wilayah desa binaan kelurahan pematang Reba kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu ini agar hewan ternak masyarakat tetap terpantau kesehatannya.
 
Sementara peternak sapi bapak Haidir juga menyampaikan "alhamdulilah saat ini selama pemantauan yang di lakukan lasung oleh Babinsa ke kandang sapi kami kali ini tidak di temukan tanda-tanda yang menunjukkan terjangkit PMK pada hewan kami, semuanya sehat.
 
"Babinsa menghimbau kepada peternak yang berada di wilayah kelurahan pematang Reba ini, bila menemukan indikasi atau tanda-tanda penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi peliharaanya,
 
Segera melaporkan secapatnya kepada petugas terkait baik melalu Babinsa atau lasung ke dokter hewan terdekat agar segera ditindak lanjuti dan di obati secepatnya." Tutup Babinsa.(Pr4as/sl)