Sekda Pasaman Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas PAUD HI


Dibaca: 699 kali 
Selasa,21 September 2021 - 14:49:39 WIB
Sekda Pasaman Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas PAUD HI
Pasaman(Sumbar)Suaralira.comDinas Pendidikan Kabupaten Pasaman melalui bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) menyelenggarakan kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas PAUD HI, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kogusda Lubuk Sikaping Tgl 21 September sampai 23 September 2021 yang diikuti 100 peserta berasal Pengelola Paud, kepala TK dan guru Paud se Kabupaten Pasaman yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs.H.Mara Ondak, kepala dinas pendidikan, sekretaris dinas pendidikan, kepala bidang dinas pendidikan Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Daerah Drs.H Mara Ondak menyampaikan saat membuka acara tersebut, dalam Undang - Undang Nomor 23 tentang sistem pendidikan nasional, pengertian pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun.

Ia juga menambahkan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak usia dini juga menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten/Kota berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal, payung hukum tersebut mengatur urusan pemerintah wajib berkait dengan pelayanan dasar antara lain kesehatan dan pendidikan anak usia dini. "Pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan anak usia dini tersebut sangat menentukan kualitas anak usia dini," ujar Mara Ondak

Kemudian Mara Ondak menyampaikan, dalam mendukung penyelenggaraan program pengembangan anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Pasaman telah membentuk tim gugus tugas PAUD HI, melalui SK bupati pasaman Nomor 166.45/ /BUP - PAS-2021 dan pada saat ini sedang pembahasan Draft Penyusunan Peraturan Bupati Pasaman tentang penyelenggaraan PAUD HI dan penyusunan rancangan aksi daerah Kabupaten Pasaman terkait PAUD HI. Selanjutnya pada awal Oktober nanti akan disosialisasikan Perbub PAUD HI dan rancangan aksi daerah, serta SK pembentukan gugus tugas PAUD HI Kabupaten Pasaman kepada seluruh pemangku kepentingan dan pemerhati Paud.

"Semoga pelaksanaan sosialisasi dan advokasi program PAUD HI yang diselenggarakan bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Pasaman ke 67 pada 8 Oktober 2021, dapat dijadikan momentum dan semangat serta tekad dalam mensukseskan penyelenggaraan program pengembangan anak usia dini holistik intergatif di Kabupaten Pasaman," ungkap sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Drs Ali Yusri mengatakan, program pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.

Ia juga menyampaikan tujuan penyelenggaraan kegiatan bimtek peningkatan kapasitas PAUD HI, untuk meningkatan kapasitas penyelenggaraan dalam pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD dan mempercepat penyelenggaraan PAUD HI di satuan PAUD.Terakhir Kadis Pendidikan menekankan kepada peserta dan pelaksana kegiatan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan "Prokes"(Fauzan)
Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :