Dugaan Ilegal Mining

Dugaan Ilegal Mining PT. Mineral Arta Sejahtera


Dibaca: 504 kali 
Sabtu,02 April 2022 - 18:24:09 WIB
Dugaan Ilegal Mining PT. Mineral Arta Sejahtera Dokumentasi

KENDARI (SULTRA), suaralira.com – Lembaga Garuda Muda Sultra (GMS) Kembali Menyoroti adanya dugaan aktivitas pertambangan di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Konawe Utara, Kecamatan Lasolo Desa  Morombo Pantai. Dari hasil investigasi GMS di lapangan menemukan adanya aktivitas penambangan yang diduga illegal, Jum'at ( 01/04/2022).

Perusahaan yang didapati sedang melakukan aksinya di wilayah Blok Morombo dengan leluasa mengeruk isi bumi dan juga tidak segan merusak kawasan hutan produksi serta hutan lindung, sebut saja perusahaan inisial MAS. Entah apa yang membuat perusahaan tersebut seolah kebal hukum dan tidak taat pada peraturan yang berlaku di Negara ini.

Dari hasil penelusuran Lembaga GMS bahwasanya PT MAS diduga tidak memiliki IUP, IPPKH serta dokumen pendukung yang menjadi syarat mutlak untuk melakukan proses pertambangan. Pasalnya perusahaan tersebut tidak terdaftar pada MODI dan MOMI Kementrian ESDM seperti perusahaan yang bergerak di Bidang Pertambangan pada umumnya.

Dilain hal adanya oknum kepolisian yang ditempatkan pada PT MAS guna melakukan pengamanan pengangkutan dan penjualan komoditas mineral, hal tersebut terdapat pada surat perintah kepolisian dengan Nomor : sprint/185/III/PAM.3.3/2022 yang kami anggap terdapat kekeliruan terhadap penempatan personil kepolisian tersebut.

GMS telah melakukan pelaporan atau pengaduan kepada Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara memintah untuk Segerah meninjau kembali Surat perintah tersebut dan juga memintah untuk Segerah melakukan penarikan pasukan kepolisian karna kami menduga hal tersebut tidak lagi sesuai dengan aturan dan peraturan kepolisian.

Kami yang tergabung dalam Lembaga Garuda Muda Sultra telah mengadukan hal tersebut kepada Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara melalalui Sekretarian Umum Polda Sultra. Kami menduga PT MAS tidak hanya berjalan sendiri pasalnya sampai detik ini mereka masih saja melakukan Aktivitas pengerukan Ore Nikel di Blok Morombo.

Kami duga ada perusahaan yang ikut serta melakukan kejahatan pertambangan, mulai dari mempasilitasi penggunaan Jalan Houling, terminal khusus dan bisa saja ikut serta melakukan transaksi penjualan dokumen untuk memuluskan aktivitas perusahaan tersebut.

Secara terpisah perusahaan yang terlibat dalam hal ini kami akan laporkan dengan dugaan aktivitas pertambangan di luar IUP dan juga beberapa insiden kecelakaan kerja yang terjadi di IUP miliknya (dokumen terlampir). Dalam waktu dekat kami akan melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran di Markas Polda Sulawesi Tenggara guna melaporkan PT MAS atas dugaan tersebut. Dan kami serta mempertanyakan suda sampai dimana tindak lanjut laporan/aduan kami,tutup Ketua Umum Garuda Muda Sultra. (kmn/ sl)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :