Dalam Rangka Hari Jadi Pekanbaru Ke-238, Pj Walikota Ziarah ke Makam Marhum Pekan


Dibaca: 75 kali 
Rabu,22 Juni 2022 - 20:07:15 WIB
Dalam Rangka Hari Jadi Pekanbaru Ke-238, Pj Walikota Ziarah ke Makam Marhum Pekan Ket Fhoto : Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun Ziarah ke Makam Marhum Pekan, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah, Pendiri Kota Pekanbaru
Suaralira.com, Pekanbaru -- Dalam rangka menyambut Hari jadi Kota Pekanbaru ke-238, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun Ziarah ke Makam Marhum Pekan, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah, Pendiri Kota Pekanbaru, di Komplek Makam Mesjid Raya Senapelan, Rabu (22/6/2022).
 
Ziarah ke Makam Marhum Pekan, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun disambut rebana oleh ibu2 majelis Mesjid Raya Senapelan dan disambut dengan pertunjukan Silat. 
 
Ziarah Makam Marhum Pekan dihadiri Pj Walikota Pekanbaru Muflihun STTP MAP beserta istri, Ketua DPRD Kota Pekanbaru M Sabarudi, Sekdako Pekanbaru M Jamil, Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina, Asisten III Setdako Pekanbaru Maskur Tarmizi, sejumlah kepala OPD di Pemko Pekanbaru, dan Danramil Senapelan Kapten Arh Hardi. 
 
Pj Walikota mendengarkan senarai terkait para raja yang dimakamkan di dalam Kompleks Makam Marhum Pekan.
 
Dalam Kompleks Makam Marhum Pekan ini terdapat makam Sultan Muhammad Abdul Jalil Mu'azamsyah (Marhum Pekan). Ia merupakan sultan ke-V dari Kerajaan Siak Sri Indrapura.
 
Kemudian, makam Syaid Syarif Usman Shabuddin (Marhum Barat), makam Tengku Embong Badari'ah (Istri Syaid Usman), makam Sultanna Khodijah (istri Marhum Bukit), makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah (Marhum Bukit), dan makam Tengku Pangeran Kesuma Dilaga.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan mendoakan para arwah para raja Kerajaan Siak Sri Indrapura. Selanjutnya, Pj Walikota menaburkan bunga ke makam para raja.
 
Dalam ziarah itu, Muflihun mengatakan, Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau lebih dikenal Marhum Pekan merupakan pendiri Pekanbaru. Menurutnya, masyarakat Pekanbaru harus tahu sejarah berdirinya Kota Pekanbaru.
 
Kita buat acara ini untuk mendoakan pendiri Kota Pekanbaru. Karena itu kita rutin setiap tahun adakan agenda ini. Satu hari menjelang HUT kita selalu mendoakan pendiri Pekanbaru ini," ujar Muflihun.
 
Pada sempena HUT ke-238 Pekanbaru ini, Ia mengajak masyarakat untuk membesarkan Kota Pekanbaru yang telah didirikan pahlawan terdahulu. Muflihun juga meminta dukungan masyarakat untuk menjalankan tugas-tugasnya dalam waktu satu tahun mempimpin Kota Pekanbaru.
 
"Ini hal biasa, tapi saya terus gemingkan supaya masyarakat sadar masalah banjir, sampah dan jalan berlubang. Kita butuh support masyarakat, karena tanpa masyarakat tidak mungkin saya sendiri melaksanakan tugas ini," pungkasnya.
 
Bersempena HUT ke-238 Pekanbaru ini, pihaknya ingin memulihkan ekonomi masyarakat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Untuk itu, pihaknya pun fokus pada pembinaan di OPD terkait. "Makanya kita di OPD pada HUT Pekanbaru ke-238 ini, fokus khususnya ekonomi Pekanbaru lebih baik lagi," pungkasnya. (Fa/sl) 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :